Wisudawan akan Menghadapi Sejumlah Tantangan Dampak Pandemi

Selaku pembentuk SDM, universitas harus mampu memberikan alternatif-alternatif, solusi-solusi dalam bentuk inovasi keilmuan yang dapat  diterapkan dalam kehidupan masyarakat. 

Wisudawan akan Menghadapi Sejumlah Tantangan Dampak Pandemi
Pelaksanaan wisuda secara online di Universitas Riau, Rabu (28/7/2021). (Sumber: Humas UNRI)

SEBANYAK 1.893 lulusan Universitas Riau (UNRI) menjalani wisuda secara online melalui  aplikasi zoom meeting, Rabu (28/7/2021). Dalam wisuda itu, Rektor UNRI, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA mengingatkan tantangan yang bakal dihadapi wisudawan dampak dari pandemi.


 
“Tantangan dan persoalan yang muncul dampak dari pandemi saat ini. Semuanya berdampak pada tatanan kehidupan masyarakat di berbagai sektor. Di antaranya sektor pendidikan, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, industri, dan lain sebagainya," tutur Rektor. 

Maka dari itu, tambahnya, selaku pembentuk SDM, universitas harus mampu memberikan alternatif-alternatif, solusi-solusi dalam bentuk inovasi keilmuan yang dapat  diterapkan dalam kehidupan masyarakat. 

Rektor juga membahas soal perkembangan digitalisasi yang telah merambat ke berbagai sektor. Inisiasi  perkembangan digitalisasi ini telah melahirkan strategi-strategi serta inovasi-inovasi kreatif  dalam menyikapi tantangan dan hambatan yang ada pada zaman ini. 

Seiring situasi ini, para wisudawan diharap menjadikan peluang perkembangan era digital untuk menyikapi persoalan di tengah masyarakat. Di antaranya melalui cara berpikir inovatif dalam melakukan perubahan paradigma ke arah yang bernilai.

Selaku wisudawan, lanjut Rektor, melalui jenjang formal pendidikan tinggi, mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap lingkungan di manapun berada. Tanggung jawab itu  ada pada diri masing-masing melalui bidang ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah.

“Saya berpesan kepada seluruh wisudawan, peraihan gelar akademik yang telah melekat pada diri saudara merupakan tanda keberhasilan dalam menyerap ilmu pengetahuan di bangku perkuliahan," tuturnya.

 

Aras sangat mengapresiasi wisudawan yang dikukuhkan hari ini dan dapat mengharumkan nama UNRI di tengah-tengah masyarakat, bangsa, maupun negara.

Sementara itu, wisuda periode Juli 2021 ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting mulai tanggal 28-29 Juli 2021. (rls)