Warga Bengkalis Temukan Harimau Betina Mati dengan Kaki Terjerat

Harimau Sumatra itu ditemukan mati di kawasan hutan produksi konferesi (HPK) dan hanya berjarak 21,85 km dari kawasan Suaka Margasatwa (SM) Bukit Batu.

Warga Bengkalis Temukan Harimau Betina Mati dengan Kaki Terjerat
Tim mengevakuasi bangkai harimau sumatra yang ditemukan mati dengan kondisi kaki terjerat di Bengkalis. (Sumber: BBSDA Provinsi Riau)

SATU lagi binatang dilindungi ditemukan mati di Provinsi Riau. Kali ini, seekor harimau sumatera ditemukan mati di Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis. 

Masyarakat yang tengah membersihkan kebun, Minggu (17/10/2021) menemukan satwa liar itu mati dengan kondisi terjerat. Warga kemudian melapor ke Polsek Bukit Batu. 

"Kebetulan saat itu terdapat petugas yang tengah melaksanakan patroli karhutla di wilayah tersebut," kata Plt. Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Fifin Arfiana Jogasara sebagaimana dilansir dari Media Center Riau.

Laporan itu kemudian diteruskan pihak Polsek Bukit Batu  ke BBKSDA Riau. Petugas, tim BBKSDA Riau Resort Bukit Batu dan bersama warga kemudian menuju lokasi penemuan harimau itu.

Lokasinya berada di kawasan hutan produksi konferesi (HPK). Wilayah tersebut merupakan perladangan masyarakat dan hanya berjarak 21,85 km dari kawasan Suaka Margasatwa (SM) Bukit Batu.

"Harimau itu berjenis kelamin betina, kondisi terjerat kaki kiri bagian depan, dengan jenis jerat seling," terang Fifin.

Bangkai harimau dibawa ke Pekanbaru dan telah menjalani proses neukropsi oleh tim BBSKDA. Neukropsi diperlukan untuk mengetahui penyebab dan perkiraan waktu matinya harimau tersebut. (*)