UIR Sambut 136 Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka dari 58 Perguruan Tinggi

Di UIR, mereka akan beraktivitas kurang lebih 4,2 bulan. Mulai dari 8 September hingga 20 Januari 2022 mendatang. Lewat program ini, mahasiswa ditantang mengembangkan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan agar siap menghadapi kemajuan zaman. 

UIR Sambut 136 Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka dari 58 Perguruan Tinggi
Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi S.H., M.C.L memasang selempang kepada perwakilan peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2 Tahun 2022, Senin (12/9/2022).

RIAUCERDAS.COM - Universitas Islam Riau (UIR) menyelenggarakan kegiatan penyambutan para 136 orang peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2 Tahun 2022, Senin (12/9/2022). Para peserta berasal dari sejumlah perguruan tinggi swasta maupun negeri dari seluruh Indonesia. 


Di UIR, mereka akan beraktivitas kurang lebih 4,2 bulan. Mulai dari 8 September hingga 20 Januari 2022 mendatang. Lewat program ini, mahasiswa ditantang mengembangkan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan agar siap menghadapi kemajuan zaman. 


Para peserta PMM 2 di UIR ini berasal  dari 58 sekolah tinggi serta universitas di Indonesia. Ada yang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Airlangga, STKIP Invada Cirebon, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas Haluoleo Kendari, Universitas Udayana Bali, hingga Universitas Yapis Papua. 


UIR menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Riau yang mendapat kepercayaan menggelar program PMM 2 ini. Penyambutan para mahasiswa yang digelar di Ballroom Hotel Prime Park pada Senin (12/9/2022) itu dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi S.H., M.C.L. 


Dijelaskan Koordinator PMM 2 UIR, Ivan Taufiq S.I.Kom M.I.Kom, kegiatan ini tertuju kepada mahasiswa. Semua program dilakukan oleh mahasiswa, dari mahasiswa dan untuk mahasiswa. 


Melalui surat pengesahan dan surat komitmen dari Rektor UIR tertanggal 18 April 2022, UIR secara resmi mengajukan diri menjadi universitas penerima program ini. "Program PMM 2 ini dilaksanakan oleh Kemendikbud Ristekdikti bersama Kementerian Keuangan dengan total nilai dana Rp870 juta,” ujar Ivan. 

BACA JUGA: Gubri Beri Penghargaan Rektor UIR sebagai Pembina Berprestasi


Kepada seluruh peserta, Ivan berpesan agar jangan takut berkreasi dan berinovasi di UIR. Karena UIR ke depannya akan menjadi bagian dari keluarga untuk berbagi cerita dan kenangan dalam perjalanan pendidikan peserta PMM 2. 


Program PMM merupakan salah satu perwujudan dari pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) yang sangat esensial. Program ini mendorong mahasiswa siap menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih siap menghadapi kebutuhan zaman. 


Sementara, Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi S.H., M.C.L menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa PMM 2. Ia mengapresiasi para peserta yang memilih UIR menjadi tempat menempuh pendidikan selama satu semester ke depan. 


“Pertemuan ini sungguh sangat berarti bagi kami. Meski kita heterogen dalam budaya, ras dan agama tetapi hal tersebut justru menjadi pemersatu maka dari itu mari kita saling menjaga, menghargai, menghormati dan selalu aman dan damai selama di sini” ujar Rektor.


Sementara, perwakilan peserta PMM 2 dari Universitas Mataram Lombok, Lalu Teguh Atma Jaya berpesan kepada seluruh rekannya agar selalu menjaga lisan, tingkah laku, serta norma setempat dan menghargai keberagaman setempat yang telah ada sebelumnya. 


Acara kemudian dilanjutkan dengan pemasangan selempang dan tanjak kepada Lidi Wati Aminah dari Universitas Alma Ata Yogyakarta dan Lalu Teguh Atma Wijaya dari Universitas Mataram Lombok. (rls)