Target Hadirkan 1.000 Alumni, IKA Faperta UIR Bakal Gelar Reuni Akbar

Reuni Akbar IKA Faperta UIR dan Musyawarah Besar (Mubes) bakal digelar pada tanggal 11-13 November 2022 mendatang.  Acara dilakukan bersamaan dengan milad fakultas yang berdiri sejak tahun 1977 itu.

Target Hadirkan 1.000 Alumni, IKA Faperta UIR Bakal Gelar Reuni Akbar
Rapat pembentukan panitia reuni akbar dan Mubes Ikatan Keluarga Alumni Faperta UIR, Sabtu (30/7/2022)

IKATAN Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (Faperta UIR) akan melaksanakan Reuni Akbar dan Musyawarah Besar (Mubes) pada tanggal 11-13 November 2022 mendatang. 


Sabtu (30/7/2022), rapat pembentukan panitia Reuni Akbar dan Mubes IKA Faperta UIR telah dilakukan di ruang pertemuan Dinas Perkebunan Provinsi Riau. Rapat dipimpin Herman selaku Ketua IKA Faperta UIR. Hadir pula Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli dan mantan Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Riau Basriman, keduanya alumni Faperta UIR. 


Rapat berhasil membentuk kepanitiaan yang diketuai Ujang Paman Ismail. Kemudian, Jakfar sebagai sekretaris dan Desmidawati sebagai bendahara. Sedangkan panitia pengarah diketuai Fendri Jaswir dengan Misrawansyah sebagai sekretaris. 


''Rapat berikutnya tanggal 12 Agustus kita akan  sempurnakan kepanitiaan. Diharapkan banyak lagi yang ikut rapat, terutama keterwakilan angkatan dan perwakilan instansi di mana alumni Faperta UIR banyak berkiprah,'' kata Herman. 


Reuni Akbar dan Mubes IKA Faperta UIR ini juga dilakukan bersempena Milad ke-45 Faperta UIR. Nantinya, pada tanggal 11 November 2022, dilakukan penyerahan Alquran sumbangan alumni kepada Tahfidz. 


sehari kemudian, puncak Milad ke-45 Faperta UIR diisi antara lain seminar dari tiga jurusan di  Faperta. Yakni jurusan Agroteknologi Pertanian, jurusan Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis dan jurusan Perikanan/budidaya perairan. 


Di hari terakhir, 13 November 2022 barulah dilaksanakan Reuni Akbar dan Mubes IKA Faperta UIR. ''Acara sepertinya sudah disepakati di kampus Faperta UIR. Sehingga para alumni merasakan suasana kehidupan di kampus waktu kuliah dulu,'' tutur Herman. 


Ia mengimbau para alumni Faperta UIR, baik yang tamat Diploma III maupun S1, untuk mendaftarkan diri kepada koordinator angkatan masing-masing. Baik di Pekanbaru maupun di daerah. Ditargetkan, ada 1.000 alumni yang akan berkumpul.


Untuk diketahui, faperta UIR berdiri sejak tahun 1977. Menurut Basriman, salah seorang alumni S1 Faperta UIR, wisuda perdana dilakukan pada tahun 1986. Ada delapan orang yang diwisuda saat itu, termasuk Basriman. (rls)