Tahun Ajaran Baru Mulai Besok, Belajar Tetap Digelar Daring

Secara lisan kan pak gubernur sudah menegaskan melarang sekolah melaksanakan belajar tatap muka, karena kondisi pandemi Covid-19 di Riau sangat fluktuatif.

Tahun Ajaran Baru Mulai Besok, Belajar Tetap Digelar Daring
Gubernur Riau, Syamsuar memantau pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas beberapa waktu lalu.

MULAI Senin (12/7/2021) besok, tahun ajaran baru 2021/2022 untuk tingkat SMA/SMK sederjad mulai dilaksanakan. Namun, karena jumlah kasus Coivd-19 masih tinggi, Gubernur Riau, Syamsuar menegaskan proses belajar mengajar masih secara daring.


Sekolah belum diizinkan melaksanakan belajar tatap muka di sekolah. "Secara lisan kan pak gubernur sudah menegaskan melarang sekolah melaksanakan belajar tatap muka, karena kondisi pandemi Covid-19 di Riau kan sangat fluktuatif," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Riau, Yusri Rasul, M.Pd.


Sejak beberapa hari terakhir, penambahan kasus baru pasien Covid-19 di Riau memang meningkat. Pada Sabtu (10/7/2021), bertambah 743 kasus dalam sehari. Sebanyak 21 pasien meninggal dunia.


Karena itu, secara prinsip Disdik menegaskan proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 sudah ada aturan. Yakni melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri dan surat edaran gubernur Riau.


Namun bagi sekolah yang berada di daerah yang kasus penyebaran Covid-19 rendah dan ingin melaksanakan belajar tatap muka diperbolehkan dengan catatan harus mendapatkan izin dari Satgas Covid-19 di masing-masing kabupaten kota. 


"Bagi sekolah yang ingin melaksanakan belajar tatap muka di sekolah, itu ditentukan oleh satgas Covid-19 kabupaten masing-masing. Jadi kata kuncinya boleh atau tidaknya itu tergantung dari Satgas kabupaten kota masing-masing," kata Yusri. (*)