SMK Masmur Multi Mekanik Masmur Undang Motivator Internasional untuk Latih Guru

Amazing Breakthrough menjadi tema kegiatan yang digelar di gedung sekolah tersebut.

SMK Masmur Multi Mekanik Masmur Undang Motivator Internasional untuk Latih Guru
Dr Rizaldi Putra MBA memberi semangat kepada para guru dan karyawan peserta motivational training.

MOTIVATOR internasional DR Rizaldi Putra MBA memberikan pelatihan motivasi atau motivational training di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru pada Senin (8/8/2022). Kepada puluhan guru dan karyawan di SMK itu, ia memberi berbagai materi pelatihan yang mendorong peserta meningkatkan kualitas pribadinya.

Amazing Breakthrough menjadi tema kegiatan yang digelar di gedung sekolah tersebut. Sejak awal, DR Rizaldi sudah tampil memukau. Dengan bersemangat, ia mengajak semua peserta meneguhkan diri untuk mengikuti pelatihan dan termotivasi menjadi guru dan karyawan yang lebih baik.

Ada beberapa hal yang dituju lewat motivational training ini. Seperti pembenahan karakter para guru. Selanjutnya, membenahi public speaking atau kemampuan berbicara di hadapan publik para peserta.

Menurut dia, bagaimana cara guru berkomunikasi di depan kelas, bahasa tubuh saat berbicara serta mempresentasikan materi ajar yang menarik bagi siswa. Sehingga, siswa bersemangat mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru di kelas. Dengan memahami apa yang diajarkan, diharap nilai siswa juga lebih baik.

Dr Rizaldi juga menyampaikan materi trasformational leadership. Hal ini menyokong pertumbuhan karir guru-guru agar mereka bisa menjadi pimpinan sekolah di masa yang akan datang. Sehingga, ketika dipilih menjadi pemimpin, mereka siap. Minimal mampu menjadi pemimpin untuk dirinya masing-masing.

Menurut Dr Rizaldi jika ingin meningkatkan kualitas siswa, maka gurunya terlebih dahulu yang perlu dibenahi. Dengan demikian, kualitas sekolah pun dapat semakin ditingkatkan.

Biasanya, tutur Rizaldi, guru berhenti belajar ketika sudah menjadi seorang guru. Sementara, sebagai guru mestinya tak boleh belajar. "Karena semakin tahu sesuatu, kita akan merasa tidak tahu sesuatu. Karena ilmu itu luas cakupannya," tegasnya.

Kepala SMK Multi Mekanik Masmur, Yohandra Jamal SPd, MM menegaskan, kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi guru agar terus belajar. Karena kualitas siswa ditentukan kualitas gurunya.

"Makanya kami buat kegiatan motivasi ini agar guru semangat mengajar dan belajar," terangnya. Menurut Yohandra, peserta adalah seluruh guru dan karyawan di SMK Multi Mekanik Masmur. 

Yohandra berharap, peserta mengikuti sebaik mungkin pelatihan ini. Apalagi, pematerinya adalah motivator kelas internasional. Sudah diundang di sejumlah kementerian dan BUMN. Di samping, Dr Rizaldi juga sering diundang ke luar negeri untuk memberi motivasi.

Hal senada disampaikan Sekretaris Yayasan Masmur, DR Mutia Eliza MM. Dia menilai, DR Rizaldi punya kemampuan yang baik untuk memotivasi orang. Di samping itu, pengalaman Dr Rizaldi juga sudah banyak. Bahkan, sampai ke luar negeri. Orang yang sudah ikut pelatihannya pun telah ribuan orang. 

Dia juga berharap guru lebih bersemangat dalam mengajar maupun ketika menjalani hidup. DR Mutia juga berencana, semua guru dan karyawan sekolah dan perguruan tinggi di bawah Yayasan Masmur mendapat pelatihan yang sama. Sehingga mereka termotivasi untuk lebih berprestasi. 

"Karena sekarang kan era digital. Jadi guru dan dosen kita coba bagaimana memanfaatkan teknologi informasi sebaik mungkin. Misalnya, bagaimana belajar bagaimana pun situasinya. (*)