Seleksi Calon Mahasiswa S3 UIR, Kampus Hanya Terima 10 dari 22 Pendaftar

Khusus ujian wawancara, peserta seleksi akan diinterview oleh sejumlah guru besar. Salah satunya Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL.

Seleksi Calon Mahasiswa S3 UIR, Kampus Hanya Terima 10 dari 22 Pendaftar
Suasana seleksi calon mahasiswa program doktoral di UIR, Jumat (9/7/2021). (SUMBER: Humas UIR)

EMPAT materi tes dijalani 22 kandidat mahasiswa Program Studi Doktoral Strata 3 (S3) Pascasarjana Universitas Islam Riau (UIR). Selain  TOEFL, juga ada tes tertulis, TPA (Test Potensi Akademik) dan ujian wawancara. Tes berlangsung mulai tanggal 9-10 Juli 2021.


Dijelaskan Ketua Prodi Magister Ilmu Hukum Dr Surizki Febrianto SH MH, Jumat (9/7/2021), khusus ujian wawancara, peserta seleksi akan diinterview oleh Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL (Rektor), Prof Dr H Yusri Munaf SH MHum (Direktur PPs UIR), Prof Dr Hj Ellydar Chaidir SH MHum (Ketua Prodi S3), Dr Effendi Ibnu Susilo SH MH (Wakil Direktur II PPs UIR), Dr Surizki Febrianto SH MH (Ketua Prodi Magister Ilmu Hukum) dan Dr Abdul Thalib SH MCL (Dosen PPs UIR).


"Hasil ujian seleksi akan diumumkan pada tanggal 16 Juli. 'Dari 22 orang yang mengikuti seleksi, hanya 10 peserta yang kita terima. Sama dengan penerimaan pada gelombang sebelumnya, quota kita siapkan untuk 10 peserta,'' ujar Surizki.


Sejak Program Studi S3 dibuka hingga kini, Program Pascasarjana UIR telah menerima 30 mahasiswa ditambah 10 mahasiswa pada gelombang ke-4 yang sekarang berlangsung. Surizki mengakui, cukup banyak peminat yang mendaftar menjadi mahasiswa doktoral. Mereka berasal dari berbagai latar belakang profesi. 


Pada gelombang ke-4 misalnya, ada bupati, kepala kejaksaan negeri,  hakim, polisi, notaris juga mahasiswa yang baru menyelesaikan studi S2. ''Kita berharap, ke depan akan semakin banyak lagi peminatnya,'' tandasnya. (rls)