Sampaikan Orasi Ilmiah di Milad UIR, Sekdaprov Riau Sampai tentang Era Society 5.0, Apa Itu?

Di era society 5.0, tambahnya, peran tenaga pendidikan, rekan sebaya, keluarga dan lingkungan memiliki peran penting sebagai pembentuk karakter dan nilai-nilai yang harus dimiliki oleh manusia Indonesia.

Sampaikan Orasi Ilmiah di Milad UIR, Sekdaprov Riau Sampai tentang Era Society 5.0, Apa Itu?
Sekdaprov Riau, SF Hariyanto menyampaikan orasi ilmiah di acara milad UIR ke-60, Senin (5/9/2022). (Sumber: Media Center Riau)

RIAUCERDAS.COM - Era society 5.0 menempatkan manusia sebagai komponen utamanya. Tiga kemampuan yang perlu dimiliki setiap individu adalah kreatifitas, berpikir kritis serta kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi.


Hal itu disampaikan Sekdaprov Riau, SF Hariyanto dalam orasi ilmiah yang berjudul peran alumni UIR dalam menyiapkan SDM yang berkualitas menuju era smart society 5.0, Senin (5/9/2022). 


Orasi ilmiah itu disampaikan dalam rapat istimewa senat dalam rangka milad ke-60 Universitas Islam Riau (UIR). Acara itu digelar di Auditorium Lantai 4 Rektorat UIR dan dihadiri langsung oleh Rektor, Prof Dr Syafrinaldi SH MCL.


Dalam orasinya, SF Hariyanto menyampaikan bagaimana perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi kehidupan manusia. Di era society 5.0, tambahnya, peran tenaga pendidikan, rekan sebaya, keluarga dan lingkungan memiliki peran penting sebagai pembentuk karakter dan nilai-nilai yang harus dimiliki oleh manusia Indonesia.

BACA JUGA: Rayakan Milad Ke-60, Para Mantan Rektor UIR Terima Pin Emas


Dengan pola pendidikan di UIR, diyakini alumni tidak hanya cerdas  tapi juga berkarakter kuat, mampu berpikir kritis, dan kreatif. Namun, itu saja belum cukup. Untuk itu, alumni terus dituntut meningkatkan skill dan kemampuan mereka. Terus belajar dengan memanfaatkan waktu.


"Memiliki ilmu dan kemampuan menyelesaikan masalah adalah sesuatu yang dibutuhkan dari alumni," ujarnya. Sekdaprov juga menyampaikan pentingnya alumni UIR punya kemampuan bersaing di dunia kerja. Termasuk di pemerintahan seperti yang ia lakukan saat ini.


Menurut SF Hariyanto, dirinya termasuk alumni UIR yang beruntung. Karena, selama berkiprah di pemerintahan, selalu dipercaya memegang jabatan strategis. Termasuk hingga sekarang dipercaya menjadi Sekdaprov Riau. Dia mendorong alumni UIR lainnya mampu bersaing dengan alumnus perguruan tinggi ternama lainnya. (*)