Rektor UIR Dukung YLPI Bangun Rumah Sakit

Program-program terkait pengembangan pendidikan dan ekonomi yang sedang dan akan dilaksanakan oleh YLPI akan didukung UIR. Seperti, program pondok pesantren dan perkebunan di tanah seluas 53 hektar di Pasir Putih.

Rektor UIR Dukung YLPI Bangun Rumah Sakit
Sidang Istimewa Senat UIR digelar dalam rangka milad ke-59, Sabtu (5/9/2021) pagi.

RENCANA pembangunan rumah sakit oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau (YLPI) mendapat dukungan Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL. Rektor bahkan berharap, pembangunan rumah sakit itu tidak berlangsung lama.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Rektor dalam sambutannya pada Sidang Istimewa Senat UIR, Sabtu (4/9/2021). Sidang senat digelar dalam rangka puncak peringatan Milad ke-59 UIR.

Syafrinaldi menjelaskan, rumah sakit yang akan dibangun di Jalan Kaharuddin Nasution itu, lokasinya persis di Sekolah YLPI sekarang, masih satu areal dengan kampus UIR. ''Pembangunan rumah sakit ini merupakan program prioritas yang layak mendapat dukungan kita semua,'' tuturnya.

Program-program terkait pengembangan pendidikan dan ekonomi yang sedang dan akan dilaksanakan oleh YLPI akan didukung UIR. Seperti, program pondok pesantren dan perkebunan di tanah seluas 53 hektar di Pasir Putih.

"Izinkan kami menyampaikan dukungan dan doa, dari banyak skala prioritas program yang kita rencanakan di tahun mendatang. Mungkin yang paling prioritas untuk kita dukung dan kita wujudkan bersama adalah pembangunan rumah sakit," kata Rektor.

Ketua Umum YLPI Nurman juga mengapresiasi dukungan yang diberikan Rektor Syafrinaldi. Ia menjelaskan, di lahan 1,5 hektar itu sekarang berdiri sekolah-sekolah YLPI. Pihak yayasan telah berkirim surat kepada Dewan Pembina untuk meminta izin mendirikan rumah sakit umum tipe C.

Sementara, sekolah yang ada di lokasi tersebut akan dipindahkan ke lahan seluas 2,5 hektare di Jalan Air Dingin. Saat ini, tambahnya, pihak yayasan sedang mengidentifikasi bangunan yang dibutuhkan setiap tingkatan sekolah. Mulai dari Taman Kanak-kanak hingga SLTA.

"Insha Allah setelah selesai, hasil identifikasi akan kami serahkan kepada Rektor untuk dimulai proses pembangunannya. Termasuk kita juga akan membangun sekolah vokasi yang dilengkapi dengan asrama putera dan asrama puteri. Juga masjid serta mini market. Ini hadiah luar biasa yang diberikan Rektor di Milad ke-59 ini,'' ungkap Nurman.

Nurman mengajak Civitas Akademika UIR terus mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT kepada keluarga besar UIR. Sekaligus melanjutkan perjuangan para pendiri YLPI dan UIR dengan bekerja secara bersungguh-sungguh, memajukan yayasan dan universitas untuk kepentingan umat.

Sementara itu, sidang istimewa Senat UIR tadi pagi berlangsung secara terbatas. Turut Ketua Dewan Pembina YLPI Drs H Mukni, Wakil Rektor I Dr H Syafhendry, Wakil Rektor II Dr Firdaus, Wakil Rektor III Dr Admiral, Guru Besar, dan Dekan di lingkungan UIR. Sidang Istimewa juga diisi dengan orasi ilmiah dari Dr. M. Musa, SH, MH, Dekan Fakultas Hukum UIR. (rls)