PPKM Diperpanjang atau Tidak? Begini Kata Kadiskes Riau

Kepala Dinas Kesehatan Riau mendukung PPKM Level 3 dan 4 diperpanjang. Karena di lapangan masih ada masyarakat yang tidak patuh pada protokol kesehatan.

PPKM Diperpanjang atau Tidak? Begini Kata Kadiskes Riau
Petugas kepolisian melakukan penyekatan jalan dalam rangka penerapan PPKM di Pekanbar beberapa waktu lalu. (Sumber: korlantas.polri.go.id)

PEMERINTAH Provinsi Riau masih menunggu keputusan presiden apakah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dan 4 yang berkali di kabupaten/kota akan diperpanjang. Sesuai jadwal, PPKM itu akan berakhir 2 Agustus besok.

“Presiden yang akan mengumumkannya diperpanjang atau tidak. Kalau kita di daerah mengikuti aturan pemerintah pusat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Minggu (1/8/2021) seperti dilansir dari Media Center Riau.

Mimi mengaku mendukung PPKM Level 3 dan 4 diperpanjang. Karena di lapangan masih ada masyarakat yang tidak patuh pada protokol kesehatan (Prokes), Mimi ingin penerapan pengawasan PPKM lebih diperketat. 

Menurutnya, inti dari penerapan PPKM di lapangan adalah bagaimana masyarakat menjalani Prokes. Selain menggunakan masker, masyarakat juga harus menghindari kerumunan dan mobilisasi. 

"Coba saja liat di beberapa tempat masih banyak kerumunan dan tidak pakai masker," tegas Kadiskes. 

Untuk diketahui, hari ini, Minggu (1/8/2021), Diskes Riau mencatat ada 1.202 kasus baru Covid-19 di Riau. Meski terbilang menurun dibanding hari sebelumnya, jumlah ini bisa dikatakan masih tergolong tinggi. (*)