PPDB SMA dan SMK Ditunda

PPDB SMA/SMK yang sebelumnya dijadwalkan mulai hari ini, Senin (14/6/2021) ditunda. Disdik Riau menyebut ada kendala teknis.

PPDB SMA dan SMK Ditunda
Kepala Disdik Riau, Zul Ikram


PENERIMAAN Peserta Didik Baru (PPDB) SMK/SMA di Provinsi Riau ditunda. Rencana pelaksanaan PPDB yang sebelumnya dijadwalkan mulai hari ini, Senin (14/6/2021) sampai 21 Juni dibatalkan.


Pembatalan itu tertuang dalam surat edaran yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram bertanggal 13 Juni atau sehari sebelum rencana PPDB digelar. Apa alasannya?


Dalam Surat Edaran Disdik Riau Nomor 800/Disdik/1.3/2021 tentang Penundaan PPDB 2020/2021 itu alasan penundaan PPDB adalah gangguan teknis yang harus diselesaikan. Surat ini keluar setelah Disdik menggelar rapat dengan Pj Sekretaris Daerah Riau, Masrul Kasmy, Minggu (13/6/2021) malam.


Surat edaran penundaan PPDB ini telah disebarkan ke seluruh Kepala SMA/SMK Negeri se Provinsi Riau. Padahal sebelumnya, proses sosialisasi PPDB sudah mulai dilakukan oleh pihak sekolah. Baik melalui brosur, baliho, media sosial maupun sosialisasi langsung ke masyarakat.


Untuk diketahui, rencana PPDB online ini sebelumnya terganjal. Karena klausul pembiayaan peejanjian pembayaran jasa pelayanan PPDB online kepada pihak PT Indosat oleh satuan pendidikan menggunakan dana BOS reguler tak diperkenankan. 


Pasalnya, penggunaan BOS reguler harus mengacu pada Permendikbud nomor 6 tahun 2021 tentang petunjuk teknis BOS reguler 2021 dan Permendikbud nomor 14 tahun 2020 tentang pedoman pengadaan barang/jasa oleh satuan pendidikan. 


Sementara, Disdik tidak menganggarkan dana untuk penyelenggaraan PPDB Online di APBD murni 2021. Hal ini tertuang dalam surat yang ditandatangi Kepala Disdik Riau bernomor 800/Disdik/1.3/2021 untuk pimpinan PT Indosat tanggal 11 Juni lalu. (*)