Perkenalkan Nurul, Peraih Juara I Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Riau

Nurul menilai, arti penting menjadi Mawapres bukan hanya ketika ia memegang gelar itu. Namun bagaimana ia mampu menginspirasi dan menebarkan semangat berprestasi juga kepada teman-teman lainya di UNRI.

Perkenalkan Nurul, Peraih Juara I Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Riau
Nurul Izazah. (Sumber: Humas UNRI)

Nurul Izazah, mahasiswa FMIPA Universitas Riau (UNRI) baru saja berhasil meraih Juara I Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat universitas. Mahasiswi yang dikenal aktif dan kreatif ini memang menjadi sosok yang tak asing lagi bagi sebagian mahasiswa di UNRI. Apalagi, ia aktif di berbagai kegiatan dan organisasi.


Wanita kelahiran Pekanbaru, 26 November 1999 yang akrab disapa Nurul ini, dengan senang hati berbagi cerita dan pengalamannya pasca berjuang dalam ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) di tingkat universitas, Rabu (5/6/2021). 


“Saya sangat bersyukur kepada Allah Subhana Wa Ta’ala, bahagia sekaligus kaget bisa menjadi juara I Mawapres tingkat universitas. Senang karena kerja kerasku berbuah baik,” kata dia.


Pengalaman pasca Pilmapres membuatnya belajar banyak hal. Nurul menilai, arti penting menjadi Mawapres bukan hanya ketika ia memegang gelar itu. Namun bagaimana ia mampu menginspirasi dan menebarkan semangat berprestasi juga kepada teman-teman lainya di UNRI.


“Setelah menyandang gelar sebagai Mawapres, alhamdulillah ada beberapa undangan yang datang ke saya untuk menjadi narasumber dan memberikan motivasi pada suatu acara. Hal ini menjadikan saya sangat senang dan mensyukuri momentum ini,” tuturnya.


Ikut Mawapres bukan pertamakalinya bagi Nurul. Pada tahun 2019 lalu, ia juga sudah mengikuti Pilmapres semenjak saat masih mahasiswa baru. 


“Pada tahun 2019 saya tidak mendapatkan penghargaan apapun di tingkat fakultas. Selanjutnya, saya mencoba lagi pada tahun 2020 saya menjadi Mapres 3 FMIPA namun gagal menjadi Finalis Mawapres tingkat universitas. Kemudian saya semakin memperbaiki diri sehingga pada tahun 2021 saya mencoba lagi dan alhamdulillah menjadi Mapres utama 1 UNRI,” tuturnya.


Prestasi itu, terangnya, tidak terlepas dukungan dari orang tua, dosen pembimbing Prof Dr Fitmawati MSi Ketua Program Studi (Kaprodi) dan seluruh dosen jurusan biologi dan dosen FMIPA, juga kemahasiswaan FMIPA UNRI, serta teman-teman, sahabat dan seniornya. 


Selain terkenal sebagai mahasiswa yang tekun mempertahankan prestasi akademik, Nurul memiliki hobi membaca dan menulis. “Saya suka membaca fenomena-fenomena terbaru lalu dari hal itu saya kembangkan menjadi suatu tulisan-tulisan opini saya. Dan saya juga hobi berdiskusi dengan teman-teman saya terkait isu terbaru,” kata dia. 


Wanita yang bercita-cita menjadi seorang peneliti dan pembisnis ini memiliki ketertarikan pada dunia research dan ingin mengembangkan riset terhadap pengobatan cancer di Indonesia. Hal ini menjadikannya juga ingin menjadi Menteri Riset dan Teknologi di Indonesia suatu hari nanti, selain itu saya juga memiliki cita-cita ingin membangun bisnis yang memiliki kebermanfaatan luas bagi orang banyak. 


Selain aktif di kampus, Nurul juga mengajar sebagai guru privat untuksiswa SMA dalam persiapan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk mata pelajaran Biologi dan menjadi pengajar Olimpiade Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) pada satu bimbingan belajar. 

Selain itu, Nurul juga kerap menjalankan bisnis dengan teman-temannya, yaitu bisnis TUKUL (the olahan dari kulit sentul) dan SENCARE. disamping itu juga aktif dalam usaha melalui online. Nurul saat ini juga menjabat sebagai kepala dinas Sainpres BEM FMIPA UNRI, dan menjadi Kepala Divisi Jurnalistik di UKM UNRI Cendekia. 


Nurul juga sangat aktif mengikuti berbagai kejuaraan. Antara lain, kejuaran dalam lomba karya tulis ilmiah, esai, lomba bussiness plan, debat, pidato, puisi, dan lain-lain. Prestasi akademik Nurul bahkan juga tertoreh di kancah internasional. Ia pernah 1st Runner Up Project Presentation Competition in Asia Youth Forum 2021 dan Peraih Mendali Emas International Invention and Exhibition Sahasak Nimavum online Competition, Sri Lanka 2020. (rls)