Mulai dari KK Hingga Berkas Tak Lengkap Jadi Aduan Selama PPDB SMA SMK

Ada yang sudah mendaftar, tapi berkasnya tidak lengkap, belum terunggah semua. Sehingga nomor pendaftarannya belum bisa diakses. Hal ini juga banyak dilaporkan masyarakat.

Mulai dari KK Hingga Berkas Tak Lengkap Jadi Aduan Selama PPDB SMA SMK
Gubernur Riau, Syamsuar memantau pelaksanaan PPDB di ruang operator dan posko pengaduan PPDB di Aula Disdik Riau, Senin (28/6/2021). 1).

SEBANYAK 85 ribu berkas pendaftar diterima Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK negeri. Pendaftaran sudah ditutup pada Sabtu (3/5/2021) lalu.


Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram, Senin (5/7/2021) mengakui, masih terjadi kekurangan di sana-sini ketika PPDB digelar. Disdik, tambahnya, menerima banyak laporan yang mengeluhkan proses PPDB.


Tiap hari, tambahnya, rata-rata Posko Pengaduan Disdik menerima 15 sampai 20 laporan dari masyarakat. Sebagian besar laporan pengaduan yang masuk adalah terkait persoalan Kartu Keluarga (KK).

"Ada yang tak punya KK. Ada yang punya KK tapi belum sampai satu tahun tinggal di wilayah itu, kebanyakan memang dari jalur zonasi,” kata Zul Ikram sebagaimana dilansir dari Media Center Riau.


Tapi ada juga sudah mendaftar, tapi berkasnya tidak lengkap, belum terunggah semua. Sehingga nomor pendaftarannya belum bisa diakses. Hal ini juga banyak dilaporkan masyarakat.


Dijelaskan dia, saat ini Disdik tengah masuk tahapan verifikasi berkas dari calon peserta didik di masing-masing sekolah. Rencananya, pengumuman hasil PPDB akan dilakukan pada tanggal 7 Juli mendatang. Pendaftar yang lulus dijadwalkan mendaftar ulang pada tanggal 8 sampai 9 Juli 2021. (*)