Menara Vokasi akan Hadir di Bengkalis, Apa Tujuannya

Ada lima daerah tempat pelaksanaan menara vokasi. Selain di Bengkalis Riau, juga dilakukan di Danau Toba, Labuan Bajo, Kolaka, dan Banjarmasin.

Menara Vokasi akan Hadir di Bengkalis, Apa Tujuannya
Gubernur Riau, Syamsuar saat menerima tim dari Politeknik Bengkalis, Senin (15/11/2021). Pertemuan itu membahas tentang proyek menara vokasi yang akan diadakan di Bengkalis. (Sumber: Media Center Riau)

POLITEKNIK Bengkalis ditunjuk sebagai akselerator percepatan proyek menara vokasi di Indonesia. Untuk itu, tim Politeknik Bengkalis meminta izin sekaligus pengarahan dari Gubernur Riau, Syamsuar.

Senin (15/11/2021) tadi, tim Politeknik Bengkalis langsung bertemu dengan gubernur. Dalam pertemuan itu, mereka menyampaikan soal rencana pembangunan menara vokasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Riau.

Direktur Politeknik Bengkalis, Johny Custer, menjelaskan, ada lima daerah tempat pelaksanaan menara vokasi. Selain di Bengkalis Riau, juga dilakukan di Danau Toba, Labuan Bajo, Kolaka, dan Banjarmasin.

"Alhamdulillah Pak Gubernur Riau menyambut dengan sangat positif, mungkin akan diagendakan rapat rapat berikutnya (terkait pendirian menara vokasi)," katanya seperti dilansir dari Media Center Riau.

Johny Custer berharap, pendidikan vokasi di Riau menyatu dengan dunia industri dan dunia usaha. Dengan demikian, dunia pendidikan bisa menyiapkan SDM-nya, dan industri akan menerima SDM yang sudah disiapkan tersebut.

"Sehingga apa yang di kebutuhan di industri, SMK dan perguruan tinggi bisa menyiapkannya," kata Johny.

Sementara, Gubernur Riau berharap pendidikan vokasi di Riau semakin maju. Apalagi dengan adanya rencana pembangunan menara vokasi itu.

Pemprov Riau, tambahnya, akan terus berupaya mendukung kemajuan dunia pendidikan di Riau. Sehingga anak-anak Riau bisa menjadi orang sukses di bidang yang mereka minati.

"Semoga vokasi ini bisa menguatkan ekonomi di Riau. Rangkul semua sekolah maupun perguruan tinggi vokasi di Riau, bagaimana kita sama-sama memajukan pendidikan vokasi di Riau," tutur gubernur. (*)