Masalah Hukum Banyak, FH UNRI Diminta Ikut Berperan

Rektor UNRI melantik Dr Mexsasai Indra SH,. MH sebagai Dekan Fakultas Hukum UNRI yang baru menggantikan Dr. Firdaus SH., MH. 

Masalah Hukum Banyak, FH UNRI Diminta Ikut Berperan
Dr Mexsasai Indra SH,. MH menandatangani dokumen usai dilantik sebagai Dekan Fakultas Hukum UNRI, Senin (16/8/2021) oleh Rektor UNRI. (Sumber: Humas UNRI)

FAKULTAS Hukum (FH) Universitas Riau (UNRI) didorong mengambil peran di tingkat nasional. Apalagi, saat ini, polemik yang berkaitan dengan hukum sering terjadi. 

“Saat ini, negara Indonesia memiliki banyak sekali polemik di bidang hukum. Dengan banyaknya polemik di bidang hukum ini maka kita harapkan agar Fakultas Hukum UNRI mengambil bagian secara nasional,” tutur Rektor UNRI, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, Senin (16/8/2021).

  
Hal itu disampaikan Rektor saat melantik Dr Mexsasai Indra SH,. MH sebagai Dekan FH UNRI yang baru menggantikan Dr. Firdaus SH., MH. 

Selain pelantikan Dekan FH, Rektor juga melantik tiga orang Wakil Dekan Fakultas Pertanian (FP) UNRI. Ketiga pejabat baru itu adalah Dr Shanti Fitriani SP MSc (Wakil Dekan Bidang Akademik), Evi Sribudiani Shut MSi (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan), dan Shorea Khaswarina SP MP (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Alumni).

“Selamat mengemban tugas baru untuk memajukan UNRI. Peminat masuk FH dan FP tahun ini mulai meningkat. FH dan FP ternyata jadi primadona bagi sebagian besar lulusan Sekolah Menengah Umum. Setidaknya, inilah yang terjadi pada tahun ini,” ujar Rektor.

Terkait bidang pertanian, Rektor, menyebutkan universitas memiliki kontribusi besar terhadap kemajuan sektor pertanian Indonesia. Karena itu, ia berharap agar ke depan FP mampu mengembangkan varietas tertentu yang bisa menjadi unggulan dan memiliki produktivitas terdepan.

“Terobosan yang akan diambil khususnya pertanian akan mendorong kemajuan negara kita. Apalagi Indonesia merupakan negara agraris,” tuturnya.

Menurut Rektor, inovasi pertanian yang dikembangkan UNRI seharusnya semakin bertumbuh pesat. Apalagi, inovasi yang ada saat ini selalu berorientasi pada teknologi dan sains.

“Semoga inovasi UNRI bisa menghasilkan sesuatu yang berbasiskan pada sains. Ke depan riset dan inovasi FP khususnya semakin solid dan memiliki produktivitas yang luar biasa untuk memajukan sektor pertanian Indonesia,” tambahnya.

Aras juga mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama yang sudah melaksanakan tugasnya. "Semoga kerja dan amal bakti yang telah kita lakukan ini dibalas oleh Allah Subhana Wa Ta’ala," tuturnya. 

Dia mengajak semua pihak memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi, masyarakat Riau memiliki harapan besar pada UNRI untuk memberikan solusi melalui produk-produk penelitian dan teknologi pertanian tepat guna.

Menurut Aras, harapan itu wajar muncul. Mengingat Riau memiliki banyak sekali potensi sumber daya alam yang semestinya dapat dikelola secara maksimal. (rls)