Lantik Kepala Sekolah Baru, Nurman Minta Kembalikan Kejayaan SMP Islam YLPI Riau

Ketua Umum YLPI Riau, DR. H. Nurman,. M.Si melantik Suryadi, S.Pd menjadi kepala SMP Islam YLPI Riau, Selasa (16/11/2021). Kepala sekolah baru diminta kembalikan kejayaan SMP itu.

Lantik Kepala Sekolah Baru, Nurman Minta Kembalikan Kejayaan SMP Islam YLPI Riau
Ketua Umum YLPI Riau, DR. H. Nurman,. M.Si melantik Suryadi, S.Pd menjadi kepala SMP Islam YLPI Riau, Selasa (16/11/2021).

SMP Islam Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau mempunyai pemimpin baru. Selasa (16/11/2021), Suryadi, S.Pd dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Umum YLPI Riau, DR. H. Nurman,. M.Si menjadi kepala sekolah di SMP itu hingga tahun 2025.

Selain dihadiri Ketua Umum YLPI Riau, juga tampak hadir perwakilan Dewen Pembina YLPI Riau,  Ketua Dewan Pengawas YLPI Riau, Sekretaris Umum YLPI Sudarmo Hasan, Ketua Ketua Harian YLPI Riau Zulfikar Ahmad, Bendahara YLPI Riau H.M Arifin Boer; Ketua 1 Bidang Pendidikan YLPI Riau Dr. Dewi Fortuna, MSi, Anggota Bidang Pendidikan Dewi Hartati, unit usaha YLPI Riau, kepala sekolah di bawah YLPI Riau dan majelis guru.

Dalam pelantikan yang digelar di Aula Fakultas Hukum UIR itu, Suryadi didorong bisa mengembalikan kejayaan SMP Islam YLPI Riau seperti di tahun 2000-an lalu. Menurut Nurman, di tahun-tahun itu, SMP Islam YLPI Riau menjadi salah satu sekolah pilihan. Bahkan, jumlah siswanya mencapai 20 kelas. 

Untuk itu, Nurman meminta agar SMP Islam YLPI Riau harus bisa menjadi pilihan orangtua lagi dalam menyekolahkan anaknya. Nurman meminta kepada kepala sekolah untuk melakukan perubahan dalam memajukan sekolah. 

"Program kepala sekolah terdahulu harus tetap dilanjutkan. Tanpa perubahan, tidak akan membuahkan hasil, tidak akan bersaing dengan sekolah lain," kata dia. 

Nurman juga mendorong agar komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan guru dan orangtua siswa terus dibangun. Termasuk kepada lingkungan sekitar sekolah. 

Ditambah lagi, YLPI Riau mesti berkomitmen untuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan sekolah. Menurut Nurman, saat ini rehabilitasi ruang aula, kantin, musala sedang berlangsung pengerjaannya. 

Tidak hanya sarana prasarana sekolah, kompetensi guru menjadi perhatian yayasan dalam meningkatkan kualitas guru. Berbagai pelatihan manajemen sekolah terus diberikan kepada guru yang ada dibawah YLPI Riau.

"Dengan komitmen dan dukungan dari YLPI Riau, SMP Islam bisa berbenah diri. Jika kualitas bagus dan sarana prasarana sekolah memadai, saya yakin SMP Islam YLPI Riau akan menjadi sekolah unggul di Pekanbaru. Orangtua akan memilih sekolah yang mengutamakan kualitas yang bagus," pesan Nurman.

Sementara itu, Ketua I Bidang Pendidikan YLPI Riau Dr.Dewi Fortuna, MSi, mengatakan pihak yayasan terbuka bagi semua guru di lingkungan YLPI Riau untuk mengikuti seleksi kepala sekolah salah satunya Kepala SMP Islam YLPI Riau. 

Sebelumnya, pemilihan kepala sekolah terlebih dahulu melalui beberapa seleksi diantaranya administrasi, tes akademik, psikotes dan tes wawacara. "Dari seleksi  yang ikuti 5 orang peserta, hasil tes Bapak Suryadi meraih nilai tertinggi dan layak untuk menjadi kepala sekolah," kata Dewi Fortuna di sela pelantikan.

Dewi yang juga dosen UNRI ini berharap kepada kepala sekolah yang baru terus meningkatkan citra mutu sekolah dan terus memberikan pendidikan karakter kepada peserta didik seperti yang ditanam oleh YLPI Riau dan para pendiri YLPI Riau. 

Selain itu, kepala sekolah yang baru juga bisa bersinergi dengan yayasan dan unit usaha yang ada di YLPI Riau dan Universitas Islam Riau (UIR).

"Jadi tantangan Pak Suryadi bisa mengangkat kembali citra SMP Islam YLPI yang dulunya pernah menjadi sekolah favorit di Pekanbaru. Apalagi, di masa pandemi ditambah lagi dengan sistem zonasi PPDB yang membuat sekolah swasta cukup sulit dalam merekrut peserta didik. Tapi dengan citra mutu sekolah, saya yakin SMP Islam YLPI menjadi pilihan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya," tuturnya.

Suryadi usai dilantik menegaskan keinginan dirinya untuk sekuat tenaga meningkatkan mutu sekolah. Baik dari segi kualitas maupun kuantitas peserta didik. 

Suryadi bersama guru juga akan membuat terobosan salah satunya memperkuat lagi pendidikan sekolah berbasis islami. Terakhir, dirinya akan terus memacu kompetensi guru. Sebab, bagaimanapun kualitas pendidikan sekolah salah satunya terletak di tangan guru.

YLPI Riau mengucapkan rasa terima kasih kepada kepala sekolah lama atas dedikasi dan pengabdian selama memimpin. YLPI Riau juga memberikan cendramata kepada kepala sekolah lama sebagai bentuk apresiasi. (rls)