Kibarkan Merah Putih Dalam Perut Bumi

Komando Mahasiswa Pecinta Alam Winnetou Fakultas Teknik Universitas Riau (KOM-WIN UNRI) mengibarkan bendera merah putih di gua Teluk Embun yang terletak di Rokan Hulu.

Kibarkan Merah Putih Dalam Perut Bumi
Pengibaran bendera merah putih di gua Teluk Embun oleh Komando Mahasiswa Pecinta Alam Winnetou Fakultas Teknik Universitas Riau. (Sumber: Media Center RIau)

GUA Teluk Embun menjadi saksi digelarnya pengibaran bendera merah putih oleh Komando Mahasiswa Pecinta Alam Winnetou Fakultas Teknik Universitas Riau (KOM-WIN UNRI).  Pengibaran bendera di gua yang ada di kawasan kars Cipang Kiri Hulu Kabupaten Rokan Hulu itu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia.

Ekspedisi pengibaran bendera itu dilakukan KOM-WIN UNRI selama beberapa hari terhitung tanggal 14-16 Agustus dan merupakan rangkaian Ekspedisi Goa Riau (EGR). "Jarak tempuh dari pemukiman ke lokasi memakan waktu 2 jam berjalan kaki," tutur Ketua Pelaksana EGR Edisi HUT ke-76 RI, Dani sebagaimana dilansir dari Media Center Riau. 

"Gua ini sangat luas dan indah. Chambernya yang besar dan ornamen-ornamennya yang menakjubkan mata. Begitu juga dengan ekosistem yang menyimpan kekayaan alam tak terhingga," kata Dani, Selasa (17/8/2021).

 

Butuh waktu perjalanan 7-8 jam menggunakan sepeda motor untuk menuju lokasi dari Kota Pekanbaru. Karena jarak tempuh yang jauh, maka peserta mempersiapkan sejumlah perlengkapan dan kebutuhan berkemah selama di dalam perut bumi itu.

"Tidak sia-sia, terbayar perjuangan kami dengan melihat ciptaan Tuhan yang begitu menakjubkan yang ada di sana," tutur Dani. 

Lewat ekspedisi itu, masyarakat bisa tahu bahwa ada kekayaan tersembunyi yang sangat indah di Riau. Diharapkan juga, semua pihak memberi dukungan yang besar terhadap upaya pelestarian tempat wisata yang ada di Provinsi Riau. (*)