Kerjasama PT CPI dan UMRI, Warga Desa Sukaramai Kini lebih Mudah Mengakses Air Bersih

Sudah bertahun-tahun masyarakat Tapung Hulu menantikan sumber air bersih yang dapat diakses oleh masyarakat banyak. Penantian itu akhirnya terjawab lewat program hasil kerjasama PT CPI dan UMRI.

Kerjasama PT CPI dan UMRI, Warga Desa Sukaramai Kini lebih Mudah Mengakses Air Bersih
Proses penandatanganan berita acara penyerahan dua fasilitas air bersih hasil kerjasama PT CPI dengan Universitas Muhammadiyah Riau di Desa Sukaramai, Kabupaten Kampar. (Sumber: Humas UMRI)

JIKA kemarau tiba, masyarakat Desa Sukaramai Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar kerap kesusahan memperoleh air bersih. Bahkan, kondisi ini sudah berlangsung selama puluhan tahun.


Namun kini hal itu tak terjadi lagi. Karena mulai Selasa (8/6/2021) lalu, di desa itu sudah ada dua unit sumur air bersih. Sumur itu dibuat oleh atas kerjasama PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).


Dua unit sumur air bersih itu masing-masing berada di Mesjid Raya Tapung Hulu dan Mesjid Al-Mujahadah. Acara peresmian yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat telah dilakukan di halaman Mesjid Raya Tapung Hulu dan dihadiri langsung oleh Bupati Kampar, H. Catur Sugeng SH.


Hadir juga Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus, Rektor UMRI Dr. H. Mubarak, M.Si, Manager Corporate Affairs Aset South Wan Dedi Yudhistira serta tokoh masyarakat.


“Sudah bertahun-tahun masyarakat Tapung Hulu menantikan sumber air bersih yang dapat diakses oleh masyarakat banyak. Hari ini, melalui PT. Chevron Pacific Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Riau mimpi tersebut menjadi kenyataaan. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijaga oleh masyarakat,” ujar Bupati.


Program penyediaan fasilitas air bersih ini berdiri melalui Program Investasi Sosial CHERISH (Chevron untuk Riau Sehat Sejahtera) yang selaras dengan upaya pemerintah memulihkan perekonomian dan mempromosikan perilaku hidup sehat kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19.


Manager Corporate Affairs Aset South Wan Dedi Yudhistira menjelaskan, keberadaan fasilitas ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terhadap akses air bersih. Sehingga turut mendukung kesehatan masyarakat, terlebih saat pandemi. 


“Kami meminta agar fasilitas ini dirawat agar bermanfaat dalam jangka panjang,” harap Wan Dedi Yudhistira.

Sementara itu, Rektor UMRI, menyampaikan bahwa pengadaan air bersih ini merupakan lokasi ketiga program tersebut. Sebelumnya, program telah dilakukan dan diresmikan di Minas Barat dan Minas Timur. 


Program ini, tambah Rektor, diharapkan dapat membantu kebutuhan air bersih bagi masyarakat khususnya pada kondisi yang mengharuskan masyarakat untuk menerapkan hidup bersih dan sehat. 


Dari beberapa daerah operasional PT. CPI yang dinilai sulit untuk mendapatkan akses air bersih, UMRI melakukan survei untuk menentukan titik-titik potensial menghasilkan air bersih menggunakan teknologi GWFS (Geogreen Water Finder System).


Pemilihan lokasi telah melalui serangkaian pertimbangan. Masjid Raya yang merupakan tempat Ibadah utama di Tapung Hulu dan lokasinya yang berada di Jl. Lintas Pekanbaru-Pasirpengaraian, dinilai punya manfaat lebih karena banyak disinggahi oleh musafir. 


Juga Masjid Al Mujahadah yang berada di sekitar Pasar Sukaramai, sehingga sumber daya air ini dapat dimanfaatkan oleh pengunjung pasar.


Sementara itu, acara ditutup dengan penandatanganan serah terima oleh PT. CPI  kepada Kepala Desa Sukaramai dan disaksikan oleh Bupati Kampar, Rektor UMRI dan Camat Tapung Hulu. Dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya sumur air bersih Desa Sukaramai Tapung Hulu. (rls)