Kasus Covid-19 Riau Naik Lagi, Gubri Minta Waspada

Kasus Covid-19 di Riau kembali naik. Bahkan, adanya 33 pasien terkonfirmasi positif di Kecamatan Mandau dapat sorotan khusus Gubernur Riau, Syamsuar. Apa pendapatnya?

Kasus Covid-19 Riau Naik Lagi, Gubri Minta Waspada
Gubernur Riau, Syamsuar. (Sumber: Media Center Riau)

MASYARAKAT diingatkan agar tetap patuh pada Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19. Apalagi, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau kembali naik akhir-akhir ini.


Kenaikan yang cukup drastis terlihat di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis. Di sana, kini ada 33 kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19.


"Kasus di Duri menjadi pelajaran bagi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota, untuk tetap mewaspadai terjadinya kasus positif Covid-19," kata Gubernur Riau, Syamsuar seperti dilansir dari Media Center Riau, Selasa (23/11/2021).

Dia menekankan agar masyarakat tidak menganggap sepele kenaikan kasus ini. Bahkan, jika hanya naik satu kasus pun, tidak boleh dianggap sepele. 

Karena ada peningkatan, Syamsuar mengaku sudah berkoordinasi dengan Polda untuk menelisik apa yang jadi akar permasalahannya. Dia juga meminta agar tracing contact dilakukan sebanyak-banyaknya.

Terkait kasus di Mandau, Syamsuar ingin semua pasien diisolasi. Pihak terkait juga diminta bertindak cepat agar jumlah kasus kembali turun. Masyarakat juga perlu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta taat aturan pencegahan Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengaku langsung berkoordinasi dengan Diskes Bengkalis agar melakukan tracing, tracking dan mengisolasi pasien. Apalagi yang terkena merupakan pasien dari instansi vertikal.

“Kalau yang instansi vertikal itukan banyak yang mandah-mandah. Kerja di sini nanti akhir pekan pulang, jadi seperti itu mobilisasinya dari sana," tegasnya. (*)