Kapan Sengkarut PPDB akan Berakhir?

Kepala Dinas Pendidikan Riau belum juga memastikan kapan PPDB SMA, SMK, SLB dimulai. Pascapenundaan secara mendadak beberapa waktu lalu, pihaknya masih mencari regulasi yang tepat agar PPDB bisa dimulai.

Kapan Sengkarut PPDB akan Berakhir?
Kepala Disdik Riau, Zul Ikram, M.Pd

SENGKARUT penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK di Riau belum berakhir. Hingga kini, Dinas Pendidikan (Disdik) Riau belum memutuskan kapan penerimaan peserta didik baru itu digelar setelah sebelumnya mendadak ditunda.


Kepala Disdik Riau, Zul Ikram, M.Pd pun tak berkata tegas soal kapan PPDB akan dimulai. Saat ini, pihaknya masih mencari cara yang tepat dan sesuai dengan peraturan yang ada agar PPDB bisa dilaksanakan. 


Menurutnya, ada kendala teknis yang mengakibatkan PPDB ditunda. Berdasarkan surat Disdik yang beredar, rencana penggunaan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler untuk membiayai PPDB online ternyata tak sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 6 tahun 2021 dan Permendikbud nomor 14 tahun 2020.


Kondisi ini mengesankan Disdik Riau kurang memahami aturan yang berlaku terkait dana BOS Reguler. Alhasil, karena masalah ini,  PPDB yang menjadi agenda rutin dan sangat penting bagi keberlangsungan pendidikan harus ditunda. 


Masalah lain, meski sudah menjadi agenda penting tahunan. Disdik ternyata tidak menganggarkan dana untuk membiayai PPDB di APBD Murni 2021. Saat ditanya perihal ini, Zul Ikram mengaku belum berani menyampaikan hal itu. "Intinya karena terjadi penyesuaian. Bahasanya penyesuaian ya," kata dia.


Kalau ada kendala-kendala dari segi regulasi, tambahnya, tentu Disdik akan menyesuaikan dan mencari format yang tepat untuk penyelenggaraan PPDB Online. (*)