jalin Kerjasama dengan Pertamina Hulu Rokan, UNRI akan Lakukan Hal Ini

Kerjasama tersebut dijalin untuk mendukung pembangunan dan kemajuan pendidikan di Provinsi Riau. Kemudian, untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal.

jalin Kerjasama dengan Pertamina Hulu Rokan, UNRI akan Lakukan Hal Ini
Rektor Universitas Riau, Aras Mulyadi dan Direktur Utama PHR, Jaffee A. Suardin menunjukkan dokumen kerjama. (Sumber: Humas UNRI)

DELAPAN perguruan tinggi, politeknik, serta sekolah tinggi di Provinsi Riau jalin kerjasama dengan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan. Penandatanganan kerjasama itu telah dilakukan di Novotel Pekanbar, Rabu (22/12/2021) kemarin.

Kerjasama tersebut dijalin untuk mendukung pembangunan dan kemajuan pendidikan di Provinsi Riau. Kemudian, untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal. Kerjasama itu disaksikan langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

Sementara, perguruan tinggi yang menjalin kerjasama masing-masing Universitas Riau (UNRI), UIN Sultan Syarif Kasim, Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Lancang Kuning, Universitas Muhammadiyah Riau,  Sekolah Tinggi Pariwisata Riau, Politeknik Caltex Riau dan Politeknik Bengkalis.

Dalam sambutannya, Rektor UNRI Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA menyampaikan kerjasama ini bertujuan untuk mensinergikan segala potensi yang ada untuk menciptakan SDM yang andal. Hal itu dapat dilakukan melalui pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi aspek pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

PHR sendiri mempunyai Corporate Social Responsibility  (CSR) dalam bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Tentu dalam hal ini UNRI selaku perguruan tinggi siap membantu dan mendukung pogram PHR menciptaan tenaga-tenaga terampil di daerah melalui pendidikan vokasi, pendidikan kepada masyarakat sesuai bidang yang ada. 

Selain itu, kerja sama ini juga akan mendukung universitas dalam persiapan dan penyusunan perbaikan akreditasi pogram studi, serta mengusahakan peluang bagi mahasiswa dan staf pengajar UNRI untuk berpartisipasi dalam kegiatan tertentu yang diselenggarakan oleh PHR. 

Sementara, Gubernur menyambut baik terselenggaranya kerjasama antara PHR dan perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau ini. “Kerja Sama ini merupakan bentuk dukungan PHR dalam memajukan dunia pendidikan, seperti bidang teknologi dan informasi khususnya di era digitalisasi melalui penelitian dan ini bentuk pengabdian kepada masyarakat,” kata dia.

Melalui kerja sama ini, dia berharap dapat memberikan dampak positif bagi PHR dan perguruan tinggi. Sebaliknya, perguruan tinggi dapat memberikan dukungan kepada PHR secara teknis maupun non teknis.

Direktur Utama PHR, Jaffee A. Suardin menekankan bahwa fokus kemitraan yang diambil yaitu mendukung program-program unggulan pemerintah. Dia menyebut, dukungan diberikan pada program seperti Menara Vokasi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang getol dilakukan pemerintah saat ini. (rls)