Ini Ajakan Rektor Aras Mulyadi Saat Perayaan Milad Ke-60 UNRI

Sebagai bagian insan pendidikan tinggi, UNRI memiliki tanggung jawab yang besar dalam mewujudkan pendidikan Indonesia. 

Ini Ajakan Rektor Aras Mulyadi Saat Perayaan Milad Ke-60 UNRI
Opening Ceremony perayaan milad ke-60 Universitas Riau, Kamis (29/9/2022) (Sumber: Humas UNRI)

RIAUCERDAS.COMDi usia 60 tahun, Universitas Riau (UNRI) telah menoreh berbagai prestasi dan capaian tingkat nasional maupun internasional yang diraih atas kerja sama dan kerja keras segenap sivitas akademika UNRI dari unsur dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, maupun dari kalangan mitra UNRI. 


Melalui tema “Transformasi Teknologi dan Inovasi Dalam Keberlanjutan dan Ketahanan Pangan di Kawasan Pesisir dan Laut Menuju Society 5.0”, UNRI selenggarakan Pembukaan Rangkaian Kegiatan Milad ke-60 tahun 2022.


Hal ini disampaikan Dr Rahman Karnila MSi Wakil Ketua Umum mewakili Ketua Umum pada acara Opening Ceremony Milad Ke-60 UNRI yang dilaksanakan di Open Space Kampus Bina Widya UNRI.


“Tema Milad Ke-60 UNRI ini dipilih sebagai salah satu komitmen UNRI yang senantiasa memegang teguh upaya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang amanah, santun, responsif, dan inovatif," ujarnya.


Melalui penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi yang bermutu, diharap UNRI mengambil peran yang signifikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. 


Menurut dia, Society 5.0 adalah sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia yang berbasis teknologi. Dalam era ini, masyarakat diharapkan mampu menyelesaikan berbagai tantangan dan masalah sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir pada era reformasi industri 4.0 untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia.


Mencermati logo dan maskot Milad Ke-60 UNRI, logo yang berbentuk angka 60 memvisualisasi umur UNRI ke-60 selain itu pada logo milad tersebut terdapat gambar ikan berbentuk angka nol menyimbolkan Fakultas Perikanan dan Kelautan yang ditunjuk dan dipercaya sebagai penyelenggara milad UNRI Ke-60 dengan tagline. 


Unggul dan bermartabat, yang menyimbolkan kualitas unggul namun tetap memperhatikan marwah dan martabat sebagai perguruan tinggi yang terhormat.


Selain itu, mengambarkan warna yang hijau, kuning, dan merah yang melambangkan simbol Provinsi Riau dimana UNRI berada. Sementara warna biru melambangkan cakrawala yang luas.


Sementara itu, maskot milad UNRI berbentuk seekor ikan baung mengambarkan salah satu ikan khas dari Provinsi Riau, dengan dijuluki maskot ini “Ngah Baung” dengan kata sapaan dari bahasa melayu untuk orang yang lebih tua sesuai dengan umur UNRI.


Ini menjadi harapan UNRI menjadi Universitas yang baik dan unggul kedepan dengan karisma dan keagungan UNRI. Rangkaian milad Ke-60 UNRI selain menyelenggarakan open ceremony juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti, seminar, orasi ilmiah, perlombaan seni, dan berbagai cabang olahraga, gerak jalan santai, tablig akbar, kegiatan sosial, dan serangkaian kegiatan lainnya yang akan menambah semarak milad ke-60 UNRI.


Sementara, Rektor UNRI, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA menyampaikan bahwa sebagai bagian insan pendidikan tinggi, UNRI memiliki tanggung jawab yang besar dalam mewujudkan pendidikan Indonesia. 


Oleh karena itu, melalui momen 1 Oktober 2022 pada usia ke-60 ini, Rektor mengajak bersama-sama menjaga semangat serta menunjukkan komitmen atas tanggung jawab membentuk karakter anak bangsa yang berinovatif, berdaya saing, dan tangguh.


“Terima kasih kepada berbagai pihak yang senang tiasa berkenan membantu baik tenaga maupun pikiran dan dukungan yang secara langsung maupun tidak langsung dalam mewujudkan kelancaran serta kemajuan UNRI hingga saat ini," tuturnya. (rls)