Ingin Siswa Berprestasi Makin Banyak, Gubri Minta Guru di Riau Berkolaborasi

Sebanyak 57 siswa yang pernah meraih prestasi bidang akademik maupun non akademik tingkat nasional diberi penghargaan oleh Gubernur Riau. Langkah ini sebagai cara memotivasi siswa lainnya agar meraih prestasi serupa.

Ingin Siswa Berprestasi Makin Banyak, Gubri Minta Guru di Riau Berkolaborasi
Tiga dari 57 siswa berprestasi menerima penghargaan dari Gubernur Riau, Syamsuar didampingi Kepala Disdik Riau, Kamsol, Jumat (24/12/2021).

GUBERNUR Riau (Gubri), Syamsuar menjamu makan siang 57 siswa provinsi Riau berprestasi, Jumat (24/12/2021) siang. Para siswa SD, SMP, SMA/MA/SMK dan SLB tersebut merupakan orang-orang yang telah mengharumkan nama Riau di kancah nasional.


Dalam acara tersebut, siswa berpretasi yang hadir tampak ada yang ditemani orang tua mereka. Ada juga yang ditemani guru dan kepala sekolah mereka. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, DR Kamsol dan sejumlah pejabat lainnya pun tampak hadir dalam kegiatan itu.


Gubri punya alasan tersendiri kenapa ia menjamu para siswa berprestasi tersebut. Menurut dia, itu merupakan penghargaan atas prestasi yang diraih anak-anak yang disebutnya hebat.


"Sekaligus ingin memotivasi anak-anak yang lain supaya bisa juga seperti mereka yang hadir ini," kata mantan Bupati Siak tersebut. Gubri juga senang karena tahun ini penerima penghargaan jumlahnya meningkat.


Syamsuar juga mendorong guru-guru yang ada Riau saling berkolaborasi. Lewat kolaborasi tersebut, para antara guru satu dengan yang lain bisa saling berbagi pengamalan dan ilmu yang didapatnya.


Langkah ini diperlukan. Pasalnya, siswa yang dijamu makan siang kebanyakan berasal dari sekolah-sekolah yang selama ini dikenal memang punya prestasi. Sementara, jumlah sekolah, baik yang negeri maupun swasta banyak sekali di Riau.


Usai memberi sambutan, Gubri kemudian menyerahkan penghargaan kepada para siswa berprestasi yang hadir. Mereka masing-masing menerima sejumlah uang pembinaan. Jumlahnya beragam sesuai capaian yang diraih saat lomba.


Diterangkan Kepala Disdik Riau, Kamsol, siswa yang hadir itu sebelumnya berhasil menoreh prestasi di berbagai bidang lomba. Seperti Kompetisi Sains Nasional (KSN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Lomba Kampanye Pendidikan Anti Korupsi tingkat Nasional, lomba Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) serta Lomba Debat Indonesia (LBDI).


Kemudian, ada juga yang jadi juara di Kompetesi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Lomba Gala Tingkat Indonesia (GSI), KOSN peserta didik berkebutuhan khusus dan Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak (LKSN) anak berkebutuhan khusus dan lomba Jakarta Open New Concept Swimming Championship. 


"Pemberian penghargaan ini didasari dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional," kata Kamsol. Dia juga menyebut bahwa pemberian penghargaan ini sejalan dengan visi pembangunan Riau.


Dijelaskannya, pada RPJMD Provinsi Riau tahun 2019-2024, diusung visi pembangunan Riau, yaitu terwujudnya Riau berdaya saing sejahtera, bermartabat dan unggul di Indonesia.


Penghargaan, tambahnya, bertujuan untuk memotivasi siswa agar terus mengembangkan minat dan bakat mereka. Sehingga mereka mampu meraih prestasi di bidang akademik maupun non akademik. (*)