Hindari Siswa Tertular Covid-19, Kadisdik: Pulang Sekolah Jangan Mangkal Lagi

Dinas Pendidikan Riau mengusulkan jumlah siswa untuk pembelajaran tatap muka terbatas naik dari 50 persen menjadi 75 persen. Usulkan tambahan durasi jam belajar juga.

Hindari Siswa  Tertular Covid-19, Kadisdik: Pulang Sekolah Jangan Mangkal Lagi
Kadisdik Riau, Zul Ikram.

DINAS Pendidikan (Disdik) Riau mengusulkan beberapa pola pembelajaran tatap muka. Beberapa pola itu disusun lewat rapat ketiga bersama Dinas Pendidikan Provinsi Riau dengan unsur pengawas dan kepala sekolah.

Diterangkan Kepala Disdik Riau, Zul Ikram S.Pd, M.Pd, Rabu (17/11/2021), untuk daerah yang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2, diusulkan agar jumlah 50 persen menjadi 75 persen tiap kelas.

Pendekatan kedua, diusulkan ada penambahan durasi belajar. "Dari 2 jam pelajaran per hari, menjadi 4 jam pelajaran per hari," tuturnya. Itulah yang akan diatur dalam petunjuk teknis. Usulan ini bakal direkomendasikan kepada Gubernur Riau.

Zul Ikram mengakui memang yang jadi masalah adalah ketika siswa sudah keluar dari lingkungan sekolah. Dalam SKB 4 Menteri, hal ini sebetulnya sudah jelas. "Ketika pulang kita memang tak bisa mengawasi. Karena mereka sudah berinteraksi dengan orang di sekelilingnya," tuturnya.

Untuk membentengi itu, maka dibutuhkan kepedulian. Baik dari pihak sekolah, siswa maupun masyarakat. Jangan sampai terjadi kerumunan agar tak terkena Covid-19. Karenanya, Disdik mengimbau agar sekolah menyampaikan hal-hal seperti itu pada siswa dan orangtua. "kalau memang sudah pulang ya langsung ke rumah. Jangan mangkal lagi," tegasnya. (*)