Harapan Rektor pada Dekan Fakultas Pertanian UNRI yang Baru Dilantik

Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA baru saja melantik Dekan Fakultas Pertanian yang baru. Ada banyak harapan. Satu di antaranya yaitu harapan agar fakultas itu mampu melahirkan varietas unggulan.

Harapan Rektor pada Dekan Fakultas Pertanian UNRI yang Baru Dilantik
Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA baru saja melantik Dekan Fakultas Pertanian yang baru. (Sumber: Humas UNRI)

KAMPUS merupakan tempat pengembangan inovasi berbasiskan teknologi dalam menguatkan dan meningkatkan produktivitas pangan nasional. Inovasi yang dihasilkan merupakan potensi masa depan yang bisa membuka lapangan kerja dan mengikatkan pertumbuhan ekonomi nasional.


Hal ini disampaikan Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, saat melantik pejabat Dekan Fakultas Pertanian dan pengambilan sumpah jabatan fungsional di lingkungan UNRI, Rabu (2/6/2021) di Aula Siak Indrapura Gedung Rektorat Universitas Riau (UNRI) Kampus Binawidya.


Rektor melantik Dr Agus Sutikno SP MP sebagai Dekan Fakultas Pertanian UNRI periode 2021-2025. Di samping itu, turut dilantik dan diambil sumpahnya sejumlah fungsional Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan UNRI.


Dijelaskan Rektor, perguruan tinggi di antaranya berperan dalam pengembangan dan diseminasi teknologi tepat guna di bidang pertanian. Baik meliputi pengembangan serta pendampingan model bisnis yang dapat memberikan nilai tambah yang berbentuk korporasi berbasis kelompok tani.


Mereka dapat bekerjasama dengan marketplace, BUMN, offtaker, maupun startup. Di samping itu, bisa juga berperan dalam pengembangan agrologistik yang berbasis pada teknologi mutakhir dan pendidikan konsumen cerdas, perlindungan konsumen, hingga peningkatan kualitas konsumsi pangan konsumen.


"Universitas memiliki kontribusi besar terhadap kemajuan sektor pertanian Indonesia. Diharpkan, ke depan Fakultas Pertanian mampu mengembangkan varietas tertentu yang bisa menjadi unggulan dan memiliki produktivitas terdepan," tuturnya.


Terobosan yang akan diambil khususnya di bidang pertanian akan mendorong kemajuan negara. Apalagi, Indonesia merupakan negara agraris.


Menurutnya, inovasi pertanian yang dikembangkan UNRI seharusnya semakin bertumbuh pesat. Apalagi, inovasi yang ada saat ini selalu berorientasi pada teknologi dan sains. 


“Semoga inovasi UNRI bisa menghasilkan sesuatu yang berbasiskan pada sains. Ke depan riset dan inovasi Fakultas pertanian khususnya semakin solid dan memiliki produktivitas yang luar biasa untuk memajukan sektor pertanian Indonesia”, kata Rektor.


Sementara, kepada pejabat fungsional yang dilantik,Rektor menyampaikan agar dapat mengembangkan potensi diri, meningkatkan kemampuan akademik khususnya pendidikan formal, seiring terbuka luasnya berbagai beasiswa dan skim yang disediakan pemerintah. (rls)