Dua Sekolah di Bawah Naungan YLPI Riau Bakal Adopsi Keunggulan SMK Labor

Dua Sekolah di Bawah Naungan YLPI Riau Bakal Adopsi Keunggulan SMK Labor
Penandatanganan MoU antara dua sekolah di bawah YLPI Riau dengan SMK Labor.

RIAUCERDAS.COM - Kepala SMA Serirama Program Vokasi dan SMA YLPI Marpoyan Pekanbaru dibawa mendatangi SMK Labor Binaan FKIP Pekanbaru, Kamis (8/9/2022). Nantinya, kedua sekolah di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau itu akan mengadopsi sejumlah keunggulan yang ada di SMK Labor.


Kedatangan dua kepala sekolah itu dipimpin langsung oleh Ketua Umum YLPI Riau, Dr Nurman MSi. Dalam kunjungan itu, juga ada penandatanganan memorandum of understanding (MoU).


"MoU antara dua sekolah terkait pengembangan pendidikan dan pelatihan," kata Nurman.  Selain itu terkait pengembangan sumber daya manusia, sertifikasi kompetensi dan akreditasi sekolah. 


Dia menyebut, kerjasama ini sangat penting. Apalagi SMK Labor sudah punya nama di tingkat nasional. Seperti pernah menjadi juara pertama Perpustakan Digital tahun 2019.


"Jadi apa keunggulan SMK Labor yang dikembangkan di SMA Serirama maupun SMA YLPI akan kita adopsi. Untuk program vokasi di SMA Serirama yakni Bisnis Daring dan Pemasaraan, Kuliner dan Tata Boga dan terakhir Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), " kata Nurman.


Nurman mengakui kagum dengan sistem digital, penataan sudut dan ruang baca yang sangat kreatif sehinga siswa merasa nyaman membaca. Perpustakaan digital, sistem absensi siswa dan guru secara digital hingga materi ajar guru yang mengunakan sistem barcode.


"Apa yang saya lihat semua mengunakan digitalisasi yang memudahkan sistem proses belajar mengajar di sekolah," ujarnya.


Sementara Kepala SMK Labor Binaan FKIP Unri Hendripides menyambut baik atas kunjungan YLPI Riau ke sekolahnya. Tidak hanya kunjungan melihat sistem pendidikan di sekolah. Namun dirinya bersama kepala SMA Serirama dan SMA YLPI Marpoyan melaksanakan MoU dalam penyelenggaraan pendidikan.


"Kita berterima kasih dijadikannya SMK Labor sebagai rujukan untuk pengembangan SMA Serirama Program Vokasi. Apalagi dua jurusan program vokasi di SMA Serirama ada juga di SMK Labor," kata Hendripides.


Dia mengatakan bahwa hampir setiap minggu ada saja sekolah yang mengunjungi sekolahnya terutama mencari informasi Perpustakaan Digital M Zein. Kunjungan tidak hanya sekolah di Riau, tapi sekolah diluar Riau juga banyak studi banding diantaranya SMKN 1 Solok, SMKN 1 Padang Pajang, SMAN 3 Bukit Tinggi. 


Sedangkan dalam provinsi ada SMKN 1 Kuala Kampar Pelalawan, SMKN 1 Kempas Inhil dan SMKN 1 Rambah Rohul." Kalau ditotalkan sudah ada 150 sekolah, perguruan tinggi yang berkunjung ke SMK Labor Binaan FKIP Unri Pekanbaru," kata Hendripides.


Kepala SMA Serirama Program Vokasi M Yusuf mengatakan sekolah yang dipimpinya ingin berbasis digital seperti yang dilakukan SMK Labor. Sistem digital mulai dari perpustakaan, administrasi maupun materi pembelajaran yang sudah mengunakan sistem barcode.


"Sistem digital ini yang akan kita kembangkan di SMA Serirama Program Vokasi," kata M Yusuf. 


Dalam kunjungan itu, turut hadir Ketua Harian YLPI Riau Zulfikar Ahmad, Bendahara YLPI Riau H.M Arifin Boer, Ketua 1 Bidang Pendidikan YLPI Riau Dr. Dewi Fortuna, MSi, Anggota Bidang Pendidikan Dwi Hartati, Bidang Aset YLPI Riau Arif, Konsultan Pendidikan YLPI Riau Abdul Kadir dan Humas YLPI Riau Razni Aris. (rls)