Disdik Riau Siapkan 5.000 Vaksin untuk Siswa SMK Swasta di Pekanbaru

Vaksinasi Covid-19 yang menyasar siswa,dan guru SMK swasta di Pekanbaru ini merupakan ikhtiar Dinas Pendidikan dalam mengurangi kasus Covid-19 di Riau.

Disdik Riau Siapkan 5.000 Vaksin untuk Siswa SMK Swasta di Pekanbaru
Kepala Dinas Pendidikan Riau, Zul Ikram M.Pd didampingi Kabid SMK Disdik Riau, Edi Rusma Dinata melihat langsung proses vaksinasi Covid-19 untuk siswa SMK Migas Teknologi Riau, Senin (27/9/2021).

SEBANYAK 5.000 dosis vaksin Covid-19 disiapkan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau dalam vaksinasi yang ditaja di lima sekolah di Kota Pekanbaru, Senin (27/9/2021). Peserta merupakan siswa siswi dari 53 SMK swasta di Kota Pekanbaru.


Lima sekolah yang menjadi tuan rumah vaksinasi massal itu masing-masing SMK Hasanah, SMK PGRI, SMK Perbankan Riau, SMK Migas Teknologi Pekanbaru dan SMK Kansai Pekanbaru. Tiap lokasi melayani peserta vaksin beberapa sekolah yang berbeda.


Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Riau, Edi Rusma Dinata S.Pd., M.Pd menjelaskan, tiap titik vaksinasi dilayani oleh enam fasilitas kesehatan (Faskes). Dimana, masing-masing lokasi, disiapkan vaksin dosis pertama yang jumlah yang disesuaikan dengan peserta. 


Di SMK Hasanah ada 910 orang peserta dari enam sekolah. Kemudian di SMK Kansai ada 897 peserta dari delapan sekolah, di SMK PGRI ada 1.000 peserta dari tiga sekolah, di SMK Migas Teknologi Riau ada 1.020 peserta dari enam sekolah dan di SMK Perbankan Pekanbaru ada 839 orang dari enam sekolah.


Pagi hari, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Zul Ikram M.Pd meninjau sejumlah tempat vaksinasi. Kunjungan pertama ia lakukan di SMK PGRI, dilanjutkan ke SMK Migas Teknologi Riau dan SMK Perbankan Riau. Zul Ikram juga sempat berbincang dengan siswa yang menerima vaksin.


Menurut Kadisdik, vaksinasi serentak ini dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru. Dimana, Dinkes menyiapkan dosis vaksin yang akan disuntikan kepada siswa, guru dan tenaga kependidikan.


Menurut dia, vaksinasi ini sangat diperlukan sebagai ikhtiar mencegah penyebaran Covid-19 di Riau. Khususnya di lingkungan sekolah. Dia tak ingin, ketika proses pembelajaran tatap muka yang telah berlangsung sekarang, terjadi hal yang tak diinginkan.


Dia juga menyebut, percepatan vaksinasi untuk warga sekolah ini juga diperlukan demi mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity. Dengan harapan, kasus Covid-19 di Riau dapat ditekan.


Selain di Pekanbaru, vaksinasi yang menyasar siswa juga gencar dilakukan Pemerintah Provinsi Riau di kabupaten/kota lainnya. Tidak hanya, sekolah negeri, program ini juga menyasar sekolah swasta yang dikelola masyarakat. (ed)