Delisis Hasanto Terpilih Kembali Pimpin Forum Komite

Forum Komite SMA, SMK dan SLB Negeri Provinsi Riau menggelar Musyawarah Besar I. Delisis Hasanto terpilih kembali memimpin forum yang fokus pada pengembangan pendidikan di sekolah itu.

Delisis Hasanto Terpilih Kembali Pimpin Forum Komite
Ketua Forkom SMA, SMK, SLB Negeri, Delisis Hasanto menerima palu sidang kepada pimpinan sidang dalam Mubes I, Selasa (15/6/2021)

Ir Delisis Hasanto terpilih untuk memimpin kembali Forum Komite (Forkom) SMA, SMK, SLB Negeri Provinsi Riau untuk masa bakti 2021-2024. Ia terpilih secara aklamasi dalam forum Musyawarah Besar (Mubes) I Forkom, Selasa (15/6/2021). 


Dalam Mubes itu, Delisis menekankan pentingnya Komite Sekolah dalam memajukan pendidikan. Sayangnya, di sebagian daerah, keberadaan komite sekolah justru dipandang sebelah mata. Padahal, keberadaannya sudah memiliki dasar hukum melalui Permendikbud nomor 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah

Dijelaskan Delisis, forum ini merupakan wadah masyarakat sekolah yang mandiri dan berkomitmen membantu pemerintah dalam meningkatkan layanan mutu pendidikan. "Forum ini sudah dikenal dan sering diundang oleh berbagai pihak dari berbagai daerah," tuturnya.


Menurut dia, meningkatkan kualitas sekolah perlu partisipasi masyarakat. Misalnya saja, di masa pandemi ini, sekolah dituntut membuat terobosan dalam proses belajar yang dapat melibatkan unsur masyarakat. Di samping itu, Forkom juga penting untuk membangun sinergisitas pemerintah dengan masyarakat sekolah. 


Untuk itulah, Forkom mendorong Gubernur Riau mau menerbitkan peraturan daerah untuk menguatkan keberadaan Forkom di daerah. Sehingga dengan peraturan itu, tak menimbulkan keraguan masyarakat untuk membantu kegiatan-kegiatan Forkom.


Delisis juga mengaku bahwa Forkom mendukung dan mengapresiasi langkah Gubri dalam menjalankan program wajib belajar 12 tahun yang telah berlangsung setahun terakhir. Namun, untuk menjalankannya, tentu perlu dukungan masyarakat. Hal inilah yang dapat dijembatani oleh Forkom.


Sementara itu, Kepala Disdik Riau, Zul Ikram M.Pd yang hadir mewakili Gubernur Riau menyampaikan bahwa komite sekolah merupakan mitra pemerintah dalam upaya pelayanan mutu dan peningkatan kualitas pendidikan. Komite sekolah,  tambahnya sudah melakukan banyak hal. Di antaranya ikut mendukung dan memediasi masyarakat di lingkungan satuan pendidikan.

"Begitu juga Forkom menjadi wadah yang penting sebagai tempat membicarakan ikhwal yang baik di bidang pendidikan. Maka, pelaksanaan Mubes I ini menjadi sangat penting," katanya.


Diharapkan lewat Mubes terjadi harmonisasi dan sinergitas antara komite, sekolah dan pemerintah dalam mempercepat peningkatan pendidikan di jenjang SMA, SMK dan SLB Negeri. Apalagi era keterbukaan saat ini memang memerlukan kolaborasi seluruh unsur pengembangan pendidikan, termasuk komite yang menjadi wakil masyarakat. 

"Kehadiran pemerintah dan masyarakat yang diwakili komite sekolah sangat penting dalam rangka mengembangkan pendidikan di masa akan datang," tuturnya. 


Zul Ikram mengakui, permasalahan dan keunikan karakteristik satuan pendidikan yang beranekaragam menjadi tantangan tersendiri. Kerena itu, Forkom perlu berinovasi untuk mendorong kemajuan dunia pendidikan.


Sementara itu, Ketua Panitia, Arbi berterimakasih pada gubernur, kepala Disdik dan Ketua MKKS SMA, Ketua MKKS SMK yang selalu memberi dukungan materil maupun semangat krpada Forkom. Apalagi, Forkom ini tumbuh dari bawah dan pertamakali terbentuk dan dikukuhkan oleh Gubernur Riau.


Menurut dia, pengurus yang terlibat bukan dilandasi oleh keinginan menerima keuntungan materi. Sebaliknya, penguruslah yang mau berkorban secara waktu, materil dan tenaga demi membantu pemerintah mencerdaskan anak bangsa.


Dalam Mubes ini, turut hadir Dewan Pengarah Forkom SMA, SMK, SLB Negeri Provinsi Riau, Kampriwoto, Ketua Musyawarah Kerja Ketua Sekolah (MKKS) SMA, Erdani dan Ketua MKKS SMK, H Peri Daswandi. (*)