Corona Varian Delta Ada di Riau, Warga Diminta Terapkan Cara Ini

Pemakaian masker hingga dua lapis ada alasannya. Varian Delta lebih cepat menular. Bahkan, jumlah orang yang berpotensi tertular pun lebih banyak. 

Corona Varian Delta Ada di Riau, Warga Diminta Terapkan Cara Ini
Ilustrasi Covid-19

VIRUS corona varian Delta ternyata sudah masuk ke Riau. Keberadaan varian ini disebut-sebut menjadi penyebab naiknya jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau beberapa pekan terakhir. Apalagi, proses penularan varian Delta disebut lebih cepat.

"Penularan varian Delta ini lebih cepat dibandingkan Covid-19 dari Wuhan," kata Juru bicara Satgas Percepatan penanganan COVID-19 Riau, dr Indra Yovi, Kamis (12/8/2021). 

Agar tidak terpapar varian Delta ini, dr Yovi mengingatkan masyarakat agar lebih ketat dalam penggunaan masker. Jika pakai masker bedah, masyarakat dianjurkan menggunakan dua lapis. Lapis pertama pakai masker bedah. Sementara lapis luarnya pakai masker kain.

Sementara, jika menggunakan masker jenis N95, dr Yovi menyebut cukup satu lapis saja. Selain penggunaan masker dua lapis, menjaga jarak dan mencuci tangan juga harus tetap diterapkan agar tidak terpapar virus ini.

Dijelaskannya, pemakaian masker hingga dua lapis ada alasannya. Dimana, varian Delta lebih cepat menular. Bahkan, jumlah orang yang berpotensi tertular pun lebih banyak. 

Menurut dia, Covid-19 yang pertamakali muncul di Wuhan maksimal dapat menularkan ke empat orang. Sementara, varian Delta, jumlahnya bisa mencapai 10 orang! Apalagi jika berada di dalam ruangan. (*)