Calon Mahasiswa UIR Diseleksi Langsung 3 Kaprodi

Jumlah calon mahasiswa yang diseleksi sebenarnya cukup banyak. Akan tetapi karena tersandung dengan sejumlah persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah pusat, maka pada tahun pertama ini, UIR menseleksi kurang dari 20 orang. 

Calon Mahasiswa UIR Diseleksi Langsung 3 Kaprodi
Calon mahasiswa Universitas Islam Riau yang bakal menerima beasiswa dari Pemkab Siak menjalani seleksi langsung di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Siak, Rabu (18/8/2021).

TIGA ketua program studi di Universitas Islam Riau (UIR) menyeleksi langsung calon mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 di Siak Sri Indrapura pada Rabu (18/8/2021) di kantor Dinas Pendidikan Siak.

Ketiganya adalah Kaprodi Perminyakan Novia Rita S.T., M.T, Kaprodi Psikologi Juliarni Siregar, M.PSi., Psikolog, dan Kaprodi Agribisnis Sisca Vaulina S.P., M.P.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama UIR, Dr Admiral, SH MH menyatakan, seleksi PMB ini merupakan realisasi kerjasama UIR-Pemkab Siak yang telah ditandatangani Rektor UIR Prof Syafrinaldi bersama Bupati Siak Alfedri.

''Salah satu program kerja Pak Alfedri selaku Bupati Siak adalah memberi beasiswa kepada anak-anak kurang mampu untuk kuliah di perguruan tinggi. Salah satunya di Universitas Islam Riau,'' kata Admiral didampingi Kepala BAK Dr Kurnia Astuti dan Kepala Urusan International dan Office Dr Rendi Prayuda di Siak Sri Indrapura.

Dikatakan, seleksi masuk dilakukan terhadap tiga program studi. Yakni Prodi Perminyakan Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi dan Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dan diterima sebagai mahasiswa di UIR, menurut Admiral, diberikan beasiswa oleh Pemerintah Kabupaten Siak. Termasuk uang saku bulanan. 

Jumlah calon mahasiswa yang diseleksi sebenarnya cukup banyak. Akan tetapi karena tersandung dengan sejumlah persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah pusat, maka pada tahun pertama ini, UIR menseleksi kurang dari 20 orang. 

''Ini sebuah kebijakan yang sangat populis dari pak Bupati Siak yang patut kita apresiasi dan berharap dapat pula diikuti oleh Bupati/Walikota lain di Provinsi Riau,'' ujar Admiral.

Sebab, tambahnya, salah satu kesulitan yang dihadapi orangtua sekarang adalah masalah pembiayaan apalagi di era pandemi Covid-19. 

''Kesulitan ekonomi menjadi problem berat yang dihadapi orangtua dalam mengkuliahkan anak-anaknya. Makanya, kita patut mengapresiasi kebijakan Pak Alfedri yang telah memberi beasiswa kepada anak-anak dari kalangan tidak mampu disaat mereka dihadapkan dengan pembiayaan,'' ungkap Wakil Rektor III ini.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru UIR tahun akademik 2021/2021 telah berlangsung dalam tiga gelombang. Gelombang III akan ditutup pada tanggal 30 Agustus 2021. Setiap tahun, universitas tertua dan terbesar di LLDIKTI Wilayah X ini akan menerima 5.000 mahasiswa untuk 42 program studi yang tersebar di sembilan fakultas dan pascasarjana. 

Admiral mengimbau calon mahasiswa agar memanfaatkan waktu yang tersisa untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru.

''UIR masih menerima pendaftaran mahasiswa baru hingga akhir Agustus. Setelah itu ditutup karena awal seperti kegiatan akademik bagi mahasiswa baru telah kita mulai,'' kata mantan Dekan Fakultas Hukum ini. (rls)