5 Karya Ilmiah Mahasiswa UIR Juara di Ajang Northern Sumatera Forum

Di ajang Northern Sumatera Forum SKK Migas Wilayah Sumbagut yang dilaksanakan di Batam 21-23 November 2021 lalu, mahasiswa UIR berhasil torehkan prestasi.

5 Karya Ilmiah Mahasiswa UIR Juara di Ajang Northern Sumatera Forum
Mahasiswa Universitas Islam Riau berfoto bersama saat mengikuti kegiatan Northern Sumatera Forum SKK Migas Wilayah Sumbagut yang dilaksanakan di Batam 21-23 November 2021 lalu. (Sumber: Humas UIR)

DELEGASI mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) menorehkan prestasi di ajang Northern Sumatera Forum SKK Migas Wilayah Sumbagut yang dilaksanakan di Batam 21-23 November 2021 lalu. UIR berhasil meraih prestasi di lima dan 12 kategori karya ilmiah yang diperlombakan.


Kegiatan ini diikuti peserta dari sejumlah universitas terkemuka. Turut hadir pula para gubernur dari wilayah Regional Sumatera Bagian Utara; Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Barat, serta tuan rumah Provinsi Kepulauan Riau.


Tim UIR dikomandoi Koordinator Migas Center UIR, Hj Fitrianti ST MT beserta empat Member Riau Oil & Gas Community (ROGC) Migas Center UIR. Yaitu, Moh. Adam Mubarok, Arie Minanda Putra, Fouja Ramadani Atmaja dan Bakti Alamsyah.


Karya tulis ilmiah mahasiswa Program Studi Perminyakan Fakultas Teknik UIR, Novan Agitama Putra dengan judul “Studi Kelayakan Penerapan Microbial EOR di Riau Guna Meningkatkan Produksi Migas Menuju Target 1 Juta Barel” berhasil meraih juara 1.


Dijelaskan Fitrianti ST MT, selain Juara 1, Tema Migas dan Budaya yang diusung berhasil mendulang sejumlah prestasi; Juara 2 atas nama Ismiralda dengan judul artikel ilmiah “Peran Perusahaan Migas Dalam Mengembangkan Kearifan Lokal Budaya Melayu Riau”. 


Kemudian, Sadiqul Ikhsan Wusqa dan Peggy Callista meraih juara harapan 1 dengan tema "Potensi SDA Migas Di Daerah dan Peran Stakeholder Dalam Mendukung Capaian Target Minyak 1 Juta Barel". Lalu, Juara harapan 2 atas nama Muhammad Aulia Rahman dengan Tema "Mengenal Kearifan Budaya Lokal Dalam Upaya Harmonisasi dan Dukungan Kelancaran Operasional dan Target Kegiatan Migas". 


Fitrianti mengaku sangat puas dan bangga atas raihan prestasi anak didiknya. Apalagi, untuk memenangkan lomba ini, peserta harus melalui proses seleksi ketat. Proses seleksi itu dimulai dari tanggal 16 Oktober hingga 17 November 2021. Kemudian pengumuman lomba di laksanakan pada tanggal 26 november 2021.


Keberhasilan itu membuktikan kapasitas mahasiswa S1 Prodi Perminyakan UIR dalam menyongsong Visi UIR “Menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa Tahun 2041”.


Apresiasi serupa disampaikan Dr Admiral SH MH, Wakil Rektor III UIR yang khusus menggawangi bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama. “Tentu ini menjadi kebanggan bagi kita sivitas akademika Universitas Islam Riau, khususnya Prodi Teknik perminyakan. Capaian Prestasi ini patut kita syukuri dan semoga dapat memotivasi capaian prestasi mahasiswa kita pada bidang dan kegiatan lainnya. Selamat dan bangga kami ucapkan,” tutur Admiral.


Dijelaskan dia, perhelatan ini bertujuan untuk membangun komunikasi dan koordinasi serta meningkatkan sinergi hubungan antara SKK Migas-Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Migas Wilayah Sumbagut dengan pemangku kepentingan di Pusat dan Daerah. Sehingga terbangun kesepahaman bersama terhadap beberapa peraturan dan kebijakan pemerintah serta pelaksanaan kegiatan di sektor industri hulu migas, khususnya di wilayah regional Sumatera Bagian Utara. 


Sementara itu, Rektor UIR, Prof Dr Syafrinaldi SH MCL dalam kesibukkannya memberikan coaching publikasi ilmiah pada mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Hukum menyampaikan apresiasinya saat dihubungi melalui seluler pribadinya.  


“Alhamdulillah, prestasi yang membanggakan dari mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan UIR di ajang nasional. Saya sangat bangga dan juga bahagia mendapat berita ini. Semoga ke depan preatasi yang lebih hebat bisa kita raih di tingkat nasional dan internasional.” kata Rektor. (rls)