430 Atlet Adu Kemampuan di UIR Open Archery Cup 2022

Peserta berasal dari Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi dan Kepulauan Riau. Kejuaraan ini memperlombakan laga untuk tingkat SD, SMP, SMA, mahasiswa, karyawan atau dosen dan umum.

430 Atlet Adu Kemampuan di UIR Open Archery Cup 2022
Para atlet peserta kejuaraan UIR Open Archery Cup 2022 tengah berlaga di Gelanggang Olahraga Panahan UIR.

RIAUCERDAS.COM - Sebanyak 430 atlet berlaga dalam kejuaraan UIR Open Archery Cup 2022 di Gelanggang Olahraga Panahan UIR mulai tanggal 25-28 Agustus 2022. Ratusan atlet ini berasal dari lima provinsi di Sumatera.


Selain Riau, peserta juga ada yang berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi dan Kepulauan Riau. Kejuaraan ini memperlombakan laga untuk tingkat SD, SMP, SMA, mahasiswa, karyawan atau dosen dan umum.


kejuaraan digelar oleh UIR Archery Club untuk menyambut Milad ke-60 Universitas Islam Riau (UIR) serta menyemarakkan Dies Natalis UIR pada 4 September 2022 mendatang. 


Diterangkan Ketua Pelaksana UIR Open Archery Cup 2022, Prof Dr Thamrin SSH MHum kejuaraan ini akan memperebutkan piala bergilir Rektor UIR. Selain itu pemenang dalam setiap kategori akan mendapatkan tropi serta biaya pembinaan.


Ad beberapa kategori maupun jenis busur panah yang diperlombakan pada kejuaraan ini.Di tingkat SD ada Standar Nasional 15 meter dan 20 meter, Barebow 10 meter dan 15 meter, horsebow 10 meter dan 15 meter.


Untuk tingkat SMP ada Standar Nasional 30 meter, Barebow 20 meter dan Horsebow 20 meter. Tingkat SMA ada 4 kategori, yakni Standar Nasional 40 meter, Barebow 30 meter, Horsebow 30 meter dan Recurve bow 70 meter.


Selanjutnya, untuk mahasiswa ada tiga kategori. Yaitu Barebow 30 meter, Horsebow 30 meter dan Recurve bow 70 meter. 


Sedangkan untuk kategori umum sebanyak 6 kategori yaitu Standar Nasional 40 meter, Horsebow 30 meter, Recurvebow 70 meter, Compound bow 50 meter, Barebow 50 meter dan terakhir ada Jemparingan di nomor 30 meter.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Boby Rachmat SSTP MSi turut hadir dalam kejuaraan itu. Ia mengatakan, venue panahan di UIR merupakan salah satu venue peninggalan PON Riau yang masih sangat layak.


"Selamat datang kepada para atlet dan official panahan dari berbagai daerah serta provinsi tetangga Riau, venue panahan UIR ini merupakan venue peninggalan PON Riau yang sampai saat ini masih sangat layak dan baik," kata Bobby.


"Tentunya kami berharap dengan terselenggaranya beberapa kejuaraan di tempat ini dapat menciptakan dan melahirkan bakat serta atlet-atlet berprestasi di Riau," tuturnya.


Sementara, Wakil Rektor III UIR Dr Admiral SH MH mewakili Rektor UIR membuka kejuaraan UIR Open Archery Club 2022 Rektor. "UIR Open Archery Club 2022 merupakan salah satu event pertandingan yang masuk ke dalam rangkaian Dies Natalis Milad ke-60 UIR," tuturnya.


"Selamat datang dan bertanding kepada para kontingen serta official yang mengikuti kejuaraan ini, melalui event ini semoga dapat melahirkan atlet-atlet panahan yang berprestasi, baik di tingkat daerah maupun untuk Indonesia secara keseluruhan," pungkasnya.


Selain kejuaran panahan UIR Open Archery Cup 2022, akan ada beberapa perlombaan serta kejuaraan olahraga lainnya yang akan diselenggarakan demi memeriahkan Milad ke-60 UIR yang tidak hanya bisa dinikmati oleh keluarga besar dan seluruh civitas akademika UIR, tetapi juga untuk kalangan pelajar serta masyarakat umum.


Beragam pertandingan Milad ke-60 UIR yakni sepakbola, futsal, bola volly, badminton, tenis meja, tenis lapangan dan Open Turnamen Petanque. (rls)