177 orang siswa PKBM Hangtuah ikut ujian kesetaraan paket C

Suasana pelaksanaan ujian kesetaraan Paket C yang digelar PKBM Hangutah, Senin (29/3/2021).

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Hangtuah, Pekanbaru kembali menggelar Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK). Ujian yang diikuti 177 siswa khusus untuk Paket C atau setara SMA itu digelar mulai Senin (29/3/2021) sampai 3 April mendatang.

Dijelaskan Kepala PKBM Hangtuah, Andi M Amir ada dua jurusan yang ikut ujian. Untuk jurusan IPS pesertanya mencapai 165 orang. Lalu, untuk jurusan IPA, diikuti 12 orang.

Karena masih suasana pandemi Covid-19, ujian digelar dengan mengikuti protokol kesehatan. Siswa, pengawas maupun tutor diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak. Di samping itu, panitia menyediakan fasilitas cuci tangan sebelum peserta masuk ruang ujian.

Dijelaskan Andi, hasil ujian kesetaraan sama dengan sekolah formal. Dia juga menegaskan, pendidikan Paket C bukan sebuah pelarian melainkan pilihan masyarakat yang tidak masuk sekolah formal.

Dalam aturannya, lulusan pendidikan kesetaraan tetap bisa melanjut ke jenjang yang lebih tinggi. Termasuk di lembaga pendidikan formal. Dia menyebut, dari peserta ujian, ada yang akan ingin masuk perguruan tinggi negeri dan lainnya.

Selain Paket C, ujian juga akan digelar untuk tingkat Paket A (setara SD) dan Paket B (setara SMP). Ujian Paket A dan B akan dilakukan pada tanggal 5 sampai 10 April mendatang.

Sementara itu, kemarin Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru, Ismardi Ilyas hadir langsung meninjau pelaksanaan ujian. Dia mengapresiasi ujian kesetaraan tersebut. Ismardi menilai peran PKBM sangat penting dalam memajukan pendidikan. Termasuk di Pekanbaru.

 

Kabid PAUD dan PNF Disdik Pekanbaru, Erma Mpd juga mengapresiasi ujian ini. Ia juga mendukung semua kegiatan yang telah ditaja Forum Komunikasi PKBM di Pekanbaru. Dia berharap, Forum Komunikasi PKBM ini bisa melaksanakan ujian sampai selesai dan menjaga kekompakan. (ed)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *