Info beasiswa S2 Kominfo terbuka untuk PNS dan masyarakat umum. Ada yang sampai Hungaria

Kesempatan beasiswa dalam dan luar negeri dari Kominfo RI. (Sumber: Kominfo.go.id)

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia kembali membuka Program Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri Tahun 2021.

Program ini merupakan salah satu wujud komitmen Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Program Beasiswa ini terbuka bagi aparatur pemerintah Pusat maupun Daerah termasuk TNI dan POLRI dan juga masyarakat umum dari instansi swasta. Sebagai bentuk kebijakan di masa pandemi Covid-19, metode pembelajaran Program Beasiswa S2 Dalam Negeri mengikuti kebijakan pemerintah.

Sedangkan pemberangkatan penerima beasiswa Program Beasiswa S2 Luar Negeri akan mempertimbangkan kondisi perkembangan pandemi, kebijakan pemerintah dan perguruan tinggi di Negara tujuan studi serta metode pembelajaran yang akan digunakan.

Dalam hal kebijakan perguruan tinggi dan Negara tujuan studimenggunakan metode pembelajaran distance learning atau memberlakukan pembelajaran daring, penerima beasiswa akan mengikuti proses pembelajaran di kota domisili masing-masing atau sesuai ketentuan yang diberlakukan.

Untuk beasiswa S2 Informatika, program ini bekerjasama dengan empat perguruan tinggi. Yaitu, Universitas Indonesia (UI), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (TEI-ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

 

Sementara, untuk beasiswa S2 Ilmu Komunikasi, bekerjasama dengan tujuh perguruan tinggi. Yaitu, UI, UGM, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Hasanuddin.

Lalu, beasiswa S2 Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan minat studi Transformasi Digital Sektor Publik bekerjasama dengan UGM.

Persyaratan khusus untuk masyarakat Umum adalah;

1.Warga Negara Indonesia (WNI);

2.Usia maksimum pelamar 33tahun pada saat mendaftarkan diri;

3.Latar belakang pekerjaan di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi dan pelaku startup lokal;

4.Masa kerja minimum 2 tahun;

5.Mendapatkan izin dari pimpinan yangberwenang untuk menjalani pendidikan;

6.Menyertakan surat keterangan anjuran atau surat rekomendasi dari pimpinan, dosen atau tokoh lain yang memiliki kredibilitas;

7.Persyaratan standar IPK minimal 3,00 untuk bidang komunikasi dan Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan serta minimal 2,90 untuk bidang informatika;dan

8.Persyaratan lainnya mengikuti persyaratan masing-masing Perguruan Tinggi yang dipilih.

Sementara, persyaratan khusus untuk PNS;

1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada instansi pemerintah Pusat dan Daerah, TNI/POLRI berstatus aktif;

2. Masa kerja minimum 2 tahun (terhitung sejak menjadi CPNS bagi pendaftar dari PNS);

3.Berusia maksimum 37 tahun pada saat mendaftarkan diri;

4.Bagi PNS di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), berusia maksimum 42 tahun pada saat mendaftarkan diri. Daftar daerah 3T mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2020 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020 -2024 tanggal 27 April 2020 dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar tanggal 2 Maret 2017;

5.Mendapatkan izindan rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II) di instansi yang bersangkutan untuk menjalani pendidikan;

6.Persyaratan standar IPK minimal 3,00 untuk bidang komunikasi dan Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan serta minimal 2,90 untuk bidang informatika;

7.Tidak ditujukan bagi PNS dengan jabatan fungsional pengajar pada instansi sektor pendidikan;dan

8.Persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beasiswa S2 Ilmu Komunikasi adalah tugas dan fungsinya terkait dengan pelayanan informasi dan kehumasan pemerintahdan persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beasiswa Informatika, adalah tugas dan fungsinyaterkait dengan tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)/Keamanan Informasi serta persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beasiswa S2 Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan adalah tugas dan fungsinya terkait dengan pembuatan kebijakan di instansi yang bersangkutan.

 

Selain dalam negeri, beasiswa juga dibuka untuk belajar di luar negeri. Pelamar dapat mendaftar dengan liama pilihan negara tujuan studi, yaitu Tiongkok, India, Hungaria, Belanda dan Jepang.

Informasi lebih lengkapnya dapat dilihat melalui situs Kominfo.go.id di tautan ini. (ed)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *