Belajar mengajar di UNRI tetap butuh penyesuaikan di masa pandemi

Foto bersama Rektor UNRI dalam Musyawarah Rencana Pembangunan dan Pengembangan (Musrembang) Bidang Kemahasiwaan dan Alumni UNRI Tahun Anggaran 2022. (Sumber: Humas UNRI)

Meski di masa pandemi, Rektor Universitas Riau, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA mengajak agar nilai kinerja tidak berkurang. Namun, civitas akademika UNRI diminta menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.

Pada semester ini, proses belajar mengajar juga masih membutuhkan penyesuaian. Dalam perencanaan, akan diterapkan hybird system. Dimana bakal berlaku sistem bauran dan campuran antara belajar online dan luring.

“Seperti kegiatan praktikum, skill lab yang mana tidak bisa ditinggalkan dengan secara daring,” ujar Rektor saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan dan Pengembangan (Musrembang) Bidang Kemahasiwaan dan Alumni UNRI Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan secara luring yang dilaksanakan secara selektif dengan melihat perkembangan dari tran pandemi covid yang ada di daerah dengan meningkatkan protokoler kesehatan yang sangat ketat. Diharapkan dengan kondisi saat ini dari kampus civitas akademika terutama mahasiswa dapat menjadi duta bagaimana kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam menginplementasikan kegiatan-kegiatan kampus.

Terkait Musrenbang, Rektor berharap lahir berbagai kegiatan. Terutama menunjang Indikator Kinerja Utama (IKU) dengan mengimplementasikan konsep Kampus Merdeka-Merdeka Belajar.

“Tahun 2020 lalu, kontrak kinerja dilakukan dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kemudian telah beralih Ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sehingga perubahan total IKU dapat disesuaikan melalui terebosan-terobosan baru dari Kemendikbud,” kata dia.

“Konsep Kampus Merdeka Merdeka Belajar untuk kampus, terdapat kompetisi dan diberikan pembiayaan khusus bagi kampus yang dapat mencapai kinerja dengan IKU yang telah ditetapkan, dalam bentuk operasional pembiayaan kegiatan di luar pembiayaan pencapaian IKU tersebut. Kegiatan ini bercemin dari kegiatan yang telah terealisasi terutama pada tahun ini,” jelas Rektor.

Berkaitan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, ada beberapa IKU yang menjadi fokus untuk kemhasiswaan. Seperti berkenaan dengan kewirausahaan. Dimana pekerjaan yang layak bagi mahasiswa setelah tamat serta melanjutkan pendidikan tinggi kejenjang berikutnya.

Dari hal ini juga dilihat pengalaman mahasiswa dari kegiatan luar kampus juga menjadi IKU terutama dengan mahasiswa mengikuti Co-operative Academic Education (Co-Op), magang, kegiatan bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat.

“Terkait pogram magang beberapa kelembagaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara-red) telah melaksanakan serta merekrut bagi mahasiswa dengan cara progam magan bersertifikat yang dapat dipergunakan sebagai dasar mengukur kopetensi alumni untuk didunia kerja,” jelas Aras.

Saat ini, tambahnya, ada pogram yang dapat diikuti dengan dinamakan Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (Permata Sakti). Ini merupakan program pertukaran mahasiswa antaruniversitas di Indonesia.

Program ini difasilitasi oleh Dirjen Belmawa dan diselenggarakan di beberapa PTN yang dapat dilaksanakan oleh mahasiswa berkuliah dimanapun SKS yang telah disetarakan.

“Kemudian dalam hal ini perguruan tinggi wilayah barat juga membuka pogram “Permata Sari” yang juga menjadi idola saat ini merupakan Program Pertukaran Mahasiswa secara daring yang diselenggarakan oleh Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BPK-PTN) Wilayah Barat yang diikuti oleh 33 PTN peserta, Pogram ini merupakan penyegaran atmosfir akademik setiap perguruan tinggi,” jelas Aras.

Di samping itu, kegiatan pogram kreativitas mahasiswa (PKM) prestasi UNRI makin meningkat ini dapat dipertahankan serta lebih ditingkatkan kembali. Di mana prestasi ini juga tidak semata-mata dirasakan oleh mahasiswa, namun juga dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar.

“Mari kita tingkatkan prestasi dibidang akademik maupun bidang kemahasiswaan dan prestasi dibidang lainnya,” tutupnya. (rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *