UNRI Kukuhkan 4 Guru Besar, Ini Nama-namanya

Pengukuhan empat guru besar di Universitas Riau, Rabu (13/1/2021) (Sumber: Humas UNRI)

Empat Guru Besar kembali dikukuhkan di Universitas Riau (UNRI). Para guru besar tersebut, yakni Prof Dr Suarman MPd, Prof Dr Nur Islami SSi MT, Prof Dr Juandi M MSi, dan Prof Dr Ir Ari Sandhyavitri Msc.

Rektor UNRI, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA dalam pidatonya menyampaikan bahwa pengukuhan guru besar ini merupakan yang pertama dilaksanakan di tahun 2021. Dengan pengukuhan ini, jumlah guru besar yang aktif di UNRI menjadi 73 orang.

Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ada 16 guru besar. Kemudian, di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 3 guru besar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 13 guru besar, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPK) 17 guru besar, dan Fakultas Pertanian (FP) 5 guru besar.

Lalu, di Fakultas Teknik (FT) 7 guru besar, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 11 guru besar, dan Fakultas Kedokteran (FK) 1 guru besar.

“Pengukuhan Guru Besar pada hari ini, merupakan bukti kongkrit UNRI dalam memberikan pelayanan pendidikan bermutu dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di negeri ini,” tutur Rektor.

 

Empat guru besar di Universitas Riau yang baru dikukuhkan.
(Sumber: Humas UNRI)

Dia menyampaikan, pendidikan bermutu bermula dari adanya tenaga pendidik yang profesional. “Ini merupakan unsur penting dalam proses distribusi pengetahuan kepada peserta didik serta upaya pengawalan terhadap eksistensi ilmu pengetahuan pada bidang keilmuan yang berkembang,” kata Aras.

Menurut dia, dapat dilihat bahwa beragamnya ilmu pengetahuan memberikan manfaat besar di dalam mengatasi berbagai problematika kehidupan melalui suatu kajian, gagasan, pemikiran, maupun analisa ilmiah berdasarkan aspek bidang keilmuan yang ada.

Sementara itu, Sidang Senat Terbuka kemarin mengukuhkan Prof Dr Suarman MPd sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu kurikulum dan padagogik, Prof Dr Nur Islami SSi MT sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu fisika kebumian, Prof Dr Juandi M Msi sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu lingkungan, dan Prof Dr Ir Ari Sandhyavitri MSc sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu manajemen konstruksi.

 

Seorang guru besar yang baru dikukuhkan.
(Sumber: Humas UNRI)

“Ilmu pengetahuan dapat menjadi solusi di dalam memecahkan masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Begitulah hakikat dari ilmu pengetahuan ini. Apabila ilmu tersebut diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, maka ilmu itu akan dapat menghasilkan manfaat yang besar bagi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan,” tuturnya.

Seiring dalam menyikapi dinamika pelaksanaan pendidikan tersebut, serta seiring dengan kebijakan Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud menuangkan arah kebijakan melalui 4 pokok kebijakan pada sistem penyelenggaran Pendidikan Tinggi yang bertajuk “Merdeka Belajar: Kampus Merdeka.

Rektor mengajak seluruh pihak terkait dan unsur-unsur yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini, dapat bersama-sama mendukung agar kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka dapat membawa perubahan yang signifikan dan membawa kemajuan bagi pendidikan secara nasional. (Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *