UNRI Buka Tiga Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Proses penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri dimulai. Di UNRI, terdapat tiga jalur penerimaan, yakni jalur SNMPTN, jalur UTBK- SBMPTN, dan Jalur Mandiri. (Sumber: Humas UNRI)

Lembaga Tes Masuk  Perguruan Tinggi  ( LTMPT ) telah meluncurkan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2021 tentang mekanisme masuk Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) pada 4 januari 2021 lalu.

Untuk dapat masuk ke PTN, LTMPT membuka dua jalur penerimaan, yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis BerbasisKomputer ( UTBK ) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Rektor Universitas Riau (UNRI), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, melalui Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr M Nur Mustafa MPd, menyampaikan SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang di tetapkan oleh PTN.

“Untuk langkah pertama bagi peserta yang akan mendaftar, tahapannya diawali dengan melakukan registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id pada 4 Januari sampai 1 Februari 2021,” kata dia.

Selanjutnya dilakukan penetapan peserta atau siswa yang eligible oleh sekolah pada 4 Januari sampai 8 Februari 2021. Sementara itu, sekolah dan siswa melakukan Pengisian Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 11 Januari sampai 8 Februari 2021.

Langkah selanjutnya adalah melakukan Pendaftaran masuk jalur SNMPTN pada 15 -24 Februari 2021,” jelas M Nur, Senin (11/1/2021).

 

Dia menyampaikan jalur masuk ke Perguruan Tinggi khususnya UNRI terdapat tiga jalur penerimaan, yakni jalur SNMPTN, jalur UTBK- SBMPTN, dan Jalur Mandiri.

“Kita mengimbau kepada sekolah maupun lulusan SMA sederajat yang akan melanjutkan pendidikan ke janjang Perguruan Tinggi agar cermat dalam mengikuti tata cara dan jadwal-jadwal penting penerimaan mahasiswa baru di UNRI, di antaranya jalur SNMPTN, jalur UTBK-SBMPTN, dan Jalur Mandiri,” kata M Nur.

“Kepada berbagai pihak agar terus pantau informasi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur resmi penerimaan mahasiswa baru seperti pada yang ada pada website resmi UNRI www.unri.ac.id maupun media sosial official UNRI melalui Instagram @humasuniversitasriau. Terus ikuti perkembangan tata cara dan jadwal yang disampaikan melalui media-media resmi informasi penerimaan mahasiswa baru yang ditetapkan,” terang Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI ini mengingatkan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNRI, Azhar Kasymi SH, mengingatkan kepada pihak sekolah dan siswa untuk dapat mengikuti semua tahapan penerimaan mahasiswa baru ini melalui media resmi LTMPT untuk mendapatkan informasi yang benar dan jelas.

“bagi sekolah dan siswa yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi melalui jalur SNMPTN, hendaknya jeli dan aktif untuk membaca informasi dari media yang resmi. Hal ini sangat diperlukan agar mempermudah dalam melakukan pendaftaran nantinya,” urai Azhar.

Media resmi untuk memperoleh informasi tentang penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN yang resmi, di antaranya yaitu Website : https://www.ltmpt.ac.id , Email : sekretariat@ltmpt.ac.id , Telpon : (021) 3104041-3104042, Call Center : 0804 1 450 450, HelpDesk : https://halo.ltmpt.ac.id , Twitter : @ltmptofficial, Instagram : @ltmptofficial, Facebook : LTMPT OFFICIAL, Youtube : LTMPT OFFICIAL. (Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *