Para Da’i Muda Ini Digratiskan Biaya Masuk UIR, Tanpa Tes Pula

Rektor UIR menutup MTQ virtual antar pelajar di Gedung Rektorat Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru. (Sumber: Humas UIR)

Universitas Islam Riau (UIR) membebaskan biaya masuk kepada pemenang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Da’i Muda Universitas Islam. Bahkan, para pemenang itu juga dibebaskan masuk tanpa mengikuti tes di tahun akademik 2021-2022.

”Bagi pelajar yang sekarang berada di kelas XII silahkan gunakan sertifikat juara untuk masuk UIR tahun ini. Sebaliknya terhadap pelajar yang masih duduk di kelas XI, diberi peluang masuk UIR pada tahun depan (2022-2023),” kata Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL dalam rilis yang diterima, Selasa (5/1/2021).

Hal itu disampaikan Rektor usai menutup MTQ virtual antar pelajar di Gedung Rektorat Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru. Menurut dia, para pemenang juga meraih sejumlah uang pembinaan dan sertifikat.

Rektor mengapresiasi terlaksananya lomba MTQ dan Da’i Muda tahun ini apalagi acaranya diselenggarakan di penghujung tahun, dan ditutup di awal tahun. Menurut Rektor, ini hal yang positif dalam upaya kita memulai aktivitas di tahun baru. Ia berharap, peserta MTQ dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam qur’an sebaik mungkin.

”Mari, seluruh peserta MTQ saya ajak bersama-sama kita amalkan isi kandungan al Qur’an untuk ketentraman dan ketenangan jiwa. Lebih dari itu, mengamalkan Kitab Suci membuat hidup kita menjadi selamat dunia dan akhirat,” ujar Syafrinaldi.

Lomba MTQ virtual antar pelajar dan Da’i Muda se Provinsi Riau diselenggarakan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurut Ketua Panitia Dr. Saproni, lomba ini sudah dimulai sejak akhir November hingga 30 Desember 2021. Masing-masing peserta mengikuti dua tahap perlombaan.

Di tahap pendaftaran dan babak penyisihan, setiap peserta diwajibkan mendaftar sekaligus mengirim video pembacaan al Qur’an kepada Panitia. Begitupun dengan lomba Da’i Muda. Video akan diseleksi dan dinilai oleh Dewan Juri, untuk kemudian ditetapkan enam peserta terbaik yang berlaga di babak final secara virtual.

”Alhamdulillah. Kegiatan berjalan sukses sesuai keinginan panitia. Animo peserta juga cukup tinggi. Kami sampaikan terima kasih kepada para kepala sekolah yang ikut berpartisipasi mengirim peserta didiknya ke acara lomba ini,” kata Saproni.

Pemenang selain mendapat tiket masuk tanpa tes menjadi mahasiswa UIR juga memperoleh uang pembinaan, tropi dan sertifikat.

Ini Daftar Pemenang MTQ-VP dan Da’i Muda:

A. Cabang Tilawah Putra

Juara I Aljuanda Kurniansyah (MAN 1 Kuantan Singingi)
Juara II Hanif Abidin (SMA Babussalam)
Juara III Arfan Siratul Fajri (SMAN Plus Prov. Riau)
Harapan I Muhammad Farhan Addlani (SMKN2 Dumai)
Harapan II Muhammad Aidil Alfarisi (MAN 1 Kota Dumai)
Harapan III Muhammad Raihanuddin Khalis (SMK Al-Qur’an Dan Dakwah Alam)

B. Cabang Tilawah Putri

Juara I Nasywatul Kamila (SMA NEGERI 1 Kampar Utara)
Juara II Lia Ramadhani (MA.Miftahul Jannah Peranap)
Juara III Siti Ulan Dari (SMA Babussalam)
Harapan I Khairunnisa Fadila (Pondok Pesantren Darul Fatah)
Harapan II Tri Aini Sepmiranti (SMA Babussalam)
Harapan III Putri Afrilla Rafina (MAN 1 Dumai)

C. Cabang Da’i Muda Putra

Juara I Rifani Al Zikri (MAN 2 Kuantan Singingi)
Juara II Rhama Karomah (SMA Babussalam Pekanbaru)
Juara III Faddli Setiawan (MAN 2 Kampar)
Harapan I Syahru Robi (SMAS Al Amin)
Harapan II Rivo Claudio (SMK Perpajakan Riau)

D. Cabang Da’i Muda Putri

Juara I Zjahrani Fadhillah Yahni & Zakyah Fadhillah Yahni
(Ponpes Mu’allimin muhammadiyah bangkinang)
Juara II Mahalia Putri (SMA Babussalam Pekanbaru)
Juara III Khairunnisa Putri Adhar (SMK Kesehatan Pro Skill Indonesia)
Harapan I Mai Fadilah Sari (MAN 2 Kuantan Singingi)
Harapan II Nur Aljazira (Pondok Pesantren Darul Fatah)
Harapan III Erlinda Nurul Hikmah (MA Al Ihsan Buluh Rampai).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *