STIE Prakarti Mulya Bakal Jadi Institut Teknologi dan Bisnis MASTER

Dalam beberapa hari ke depan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Prakarti Mulya segera berubah nama. Sekolah tinggi itu bakal menjadi Institut Teknologi dan Bisnis MASTER.

Ketua Yayasan Profesional Pekerti Riau Edi Haryono SE MM dan Ketua STIE Prakarti Mulya Roni Putra Adi SE. MM yang memastikan perubahan nama lembaga tersebut. Perubahan nama diperkirakan terjadi setelah tanggal 20 Desember mendatang.

“Ya dalam beberapa hari ini mungkin diatas tanggal 20 Desember, SK perubahan nama STIE Prakarti Mulya menjadi Institut Teknologi dan Bisnis MASTER akan dikeluar oleh Kemendikbud,” tutur Roni Putra Adi, Kamis (17/12/2020).

Dijelaskannya, perubahan nama STIE menjadi institut prosesnya telah dipersiapkan sejak delapan bulan lalu. Di awal bulan September lalu, Tim Kemendikbud pun telah melakukan asesmen lapangan peningkatan status dari nama STIE Prakarti Mulya menjadi Institut Teknologi dan Bisnis MASTER.

“Semua persyaratan administrasi sudah dilalui dan sudah dinilai. Sekarang tinggal menunggu SK perubahan dari STIE menjadi Institut. Bulan ini SK sudah keluar dan tahun depan kita sudah ganti ‘baju baru’,” kata Roni.

Perubahan ini mempunyai makna tersendiri bagi pihak yayasan. Apalagi, peningkatan status dari STIE menjadi Institut bukan hal yang mudah. Banyak persyaratan yang harus dijalani.

Di samping itu, banyak manfaat yang bisa diambil dari langkah peningkatan status perguruan tinggi ini. Di antaranya semakin luas membuka program studi baru, menambah kepercayaan masyarakat karena Institut ini setara dengan universitas.

Dijelaskan dia, saat iniada dua program studi di STIE Prakarti Mulya. Yakni, program studi Manajemen dan Akuntansi. Rencananya, penambahan program studi baru akan dibuka tahun depan yakni, Sistem Teknologi Informasi.

“Jadi tahun depan program studi menjadi tiga yakni Manajemen Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi. Program studi Sistem Informasi juga tinggal menunggu SK nya saja lagi. Tahun depan kita sudah menerima mahasiswa baru program studi Sistem Informasi,” ujar Roni.

Sementara itu, Ketua Yayasan Profesional Pekerti Riau Edi Haryono.SE.MM mengatakan semenjak alih kelola tahun 2016 lalu, jumlah mahasiswa STIE Prakarti Mulya hingga saat ini sudah mencapai 1.600 orang. Jumlah ini terus bertambah mengingat ada program studi baru yang akan dibuka tahun depan.

“Tahun depan kita tidak lagi STIE tapi sudah menjadi Institut Teknologi dan Bisnis MASTER. Perubahan nama STIE menjadi Institut merupakan kerja keras teman teman STIE hampir 8 bulan dan ini bukan kerja yang mudah untuk merubah nama STIE menjadi Institut,” tutur Edi.

Keseriusan Edi mengelola pendidikan tidak diragukan lagi. Apalagi Edi dikenal telah berpengalaman dan memiliki dua SMK. Selain SMK Keuangan Pekanbaru, dia juga dikenal memiliki SMK Akbar.

Selain sekolah, juga mempunyai Sekolah Tinggi di antaranya dua di Pekanbaru dan satu lagi Kabupaten Siak. Edi yang menekuni dunia pendidikan sejak tahun 2000 sangat komit dan konsisten menjadikan sekolah dan perguruan tinggi dikelolanya bisa unggul di Provinsi Riau. Dia komit ingin menelurkan lulusan yang unggul dan bserkompeten. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *