7.979 Mahasiswa Baru Unri Perkenalan Kampus Secara Daring

Universitas Riau (Unri) melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring mulai Senin (14/9/2020). (Sumber: Humas Unri)

Universitas Riau (Unri) melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan yang dilakukan Senin-Jumat 14-18 September 2020 ini bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, PKKMB kali ini dilaksanakan secara virtual dengan metode Daring (dalam Jaringan) menggunakan applikasi Zoom dan Channel Youtube official universitas.

Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru. “Selamat atas keberhasilan mahasiswa yang telah lulus seleksi yang cukup ketat dari berbagai jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Riau,” kata Rektor, Senin (14/9/2020).

Tahun ini, ada 7.979 mahasiswa yang lulus seleksi penerimaan di Unri. Sebanyak 6.395 mahasiswa diploma dan strata 1 serta 1.584 lagi mahasiswa profesi dan pascasarjana. Pada PKKMB ini, juga dilakukan penyerahan mahasiswa baru dari rektor kepada dekan masing-masing fakultas.

Lebih lanjut, Rektor menyebutkan PKKMB ini menjadi gerbang untuk mahasiswa baru sebelum memasuki perkulihaan. Lalu, memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, serta penggunaan sarana akademik yang tersedia di Unri secara maksimal.

“Ini merupakan momentum untuk menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan sekitar. Selain itu, PKKMB ini juga sebagai rangkaian untuk memperkenalkan dan memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan akademik dan kemahasiswaan,” jelas Rektor.

Dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten, diharapkan bisa menambah wawasan mahasiswa baru, sehingga ke depannya akan melahirkan hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab, dan mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unri Prof Dr Iwantono MPhil, menyebutkan narasumber dalam PKKMB ini. Di antaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan(Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim BA MBA, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono Msi, dan Dirjen Dikti Prof Ir Nizam DIC PhD.

Kemudian Gubernur Riau Drs Syamsuar MSi, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi, Kejati Riau Dr Mia Amiati SH MH, dan Pemred Tempo.co Setri Yasra SE M Ikom.

Para narasumber ini akan memberikan pemahaman akan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya. Termasuk pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa, serta memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan peluncuran logo Milad ke-58 Unri yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2020 nanti. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *