Mahasiswa Ini Wakili Unri di Kompetisi Nasional MIPA

Ramy Fitrah Izzah mahasiswa Fisika angkatan 2017 berkompetisi di bidang fisika di ajang Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tahun 2020. (Sumber: Humas Unri)

Universitas Riau (Unri) menempatkan satu wakilnya di ajang Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA) tahun ini. Wakil Unri adalah Ramy Fitrah Izzah mahasiswa Fisika angkatan 2017 yang berkompetisi di bidang fisika.

KN-MIPA merupakan salah satu ajang kompetisi bergengsi tahunan bagi mahasiswa sains. Final KN-MIPA diadakan pada tanggal 7-10 September 2020 menggunakan media daring Zoom Meeting.

Walau tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang diadakan secara luring (luar jaringan) melalui penunjukan kampus terpilih sebagai tuan rumah, namun kompetisi ini tetap berjalan dengan hikmat.

Menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unri, Prof Dr H Iwantono M Phill, prestasi ini sangat membanggakan dan istimewa bagi Unri. Apalagi diukir di masa pandemi seperti saat ini.

“Kondisi terbatas di masa pandemi bukan berarti menghalangi mahasiswa Unri untuk berprestasi,” ujar Guru Besar Bidang Fisika ini.

Persiapan panjang telah dilakukan oleh Ramy yang dimulai dari mengikuti seleksi tingkat universitas, kemudian terpilih menjadi tiga terbaik di bidang fisika. Menjalani proses pembinaan yang panjang untuk mengikuti kompetisi tingkat wilayah, yang tepatnya di LLDIKTI wilayah X, dan akhirnya dinyatakan lolos untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional.

Dari informasi yang dikumpulkan sebelum mengikuti kompetisi ini, Ramy memperoleh pembekalan oleh tim pembina yang merupakan dosen-dosen Fisika di FMIPA Unri.

Dari proses perjalanan kompetisi ini, Ramy mengukir rekor baru, mengukir sejarah baru bagi Unri untuk memecahkan rekor meraih mendali perunggu untuk pertama kalinya di bidang Fisika pada KN-MIPA yang dulunya bernama ON-MIPA. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *