Pengelolaan Blok Rokan Bakal Beralih, Pemuda Muhammadiyah Riau Rekomendasikan PI 30 Persen

Peralihan pengelolaan Blok Rokan yang selama ini dikelola perusahaan multinasional dinilai menjadi momentum bagi masyarakat Riau. Khususnya agar efek pemberdayaan sumber daya alam itu termanfaatkan dengan maksimal.

Hasil dari pemanfaatan sumber daya alam itu diharap mendukung pengembangan dunia pendidikan, ketenagakerjaan, bahkan program coorporate social responsibility (CSR).

Harapan itu diungkapkan langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Riau, Firdaus, Kamis (3/9/2020). Menurutnya, hal itu juga merupakan hasil rekomendasi dari Seminar Nasional Hulu Energi yang sudah digelar Sabtu (29/8/2020) lalu di Hotel Grand Suka Pekanbaru.

Narasumber dalam acara tersebut Yakni Yanin Kholison (SKK Migas Sumbagut), Abdul Wahid (DPR RI), Edwin Pratama Putra (DPD RI), Rudy Hartono (Dinas ESDM Prov Riau) dan Nurkhozin S Hadi (Akademisi).

Dijelaskan Firdaus, Pemuda Muhammadiyah juga meminta kepada pemerintah pusat untuk menambah persentase Participating Interest (PI) dari 10 persen menjadi 30 persen untuk Riau.

Menurut dia, penambahan PI sangat layak. Mengingat besarnya sumbangan Riau selama ini kepada pemerintah pusat. Di sisi lain, apa yang sudah diberikan itu tidak seimbang dengan perhatian pemerintah bagi Kesejahteraan masyarakat Riau.

Firdaus juga menambahkan agar Pemerintah Provinsi Riau untuk turut serta mengambil peluang Business to Business dari Operasional Blok Rokan tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang ESDM PWPM Riau, Azrizal Nasri menyampaikan bahwa seminar ini merupakan awal dari beberapa agenda terkait bakal dialihkannya pengelolaan Blok Rokan.

“Wacana ini adalah rangkaian kami untuk turut andil dalam pemberdayaan Migas Riau yang digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Riau. Ke depan kami akan melaksanakan FGD Pemuda Muhammadiyah Sumatera, serta Diskusi dengan Pemprov dan Tokoh Masyarakat sebagai bentuk peran civil society khususnya di sektor Kepemudaan,” ujar Azrizal. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *