Ujian SMM-PTN BARAT 2020 Digelar Besok

Peserta ujian masuk perguruan tinggi di Universitas Riau beberapa waktu lalu. (SUmber: Humas Unri)

Besok, Selasa (25/8/2020), Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) jalur masuk Perguruan Tinggi melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM-PTN) BARAT 2020 digelar. Ujian ini juga akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan Covid-19.

“Program SMM PTN BARAT 2020, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. SMM-PTN BARAT adalah seleksi berdasarkan hasil UTBC atau kombinasi hasil ujian tulis dan data portofolio calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia,” kata Rektor Universitas Riau (Unri), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr M Nur Mustafa MPd, Senin (24/8/2020).

M Nur menyebutkan, ujian ditujukan untuk memfasilitasi para calon mahasiswa peserta dari jalur mandiri, yang memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi dari berbagai perguruan tinggi serta menyeleksi secara bersama, yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.

Sementara itu, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNRI Azhar Kasymi SH, menyebutkan bentuk materi UTBK adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).

Peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan melengkapi data portofolio bagi perguruan tinggi. Data portofolio itu diunggah pada saat mengisi formulir pendaftaran berupa sebuah file berformat PDF yang berisi narasi atau uraian serta tautan videonya di channel Youtube.

“Pada saat pelaksanaan ujian itu, para peserta perlu memperhatikan hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan ujian SMM PTN BARAT ini. Seperti, peserta wajib mengikuti protokol Covid-19 yang ditetapkan dalam dokumen Protokol Pelaksanaan Tugas Panitia SMM PTN BARAT dalam kondisi pandemi Covid-19,” ujar Azhar.

“UTBC tahun 2020 ini akan dilaksanakan pada tanggal 25-26 Agustus 2020 dengan peserta UTBC tahun ini sebanyak 4127 orang. UNRI sudah siap melaksanakan UTBC dari aspek sarana maupun prasarana, dengan menyesuaikan protokol kesehatan,” jelasnya.

Seluruh pelaksanaannya tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pelaksanaan UTBC pada Seleksi SMM PTN BARAT ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dilaksanakan pukul 08.30-10.45 WIB sedang sesi kedua dilaksanakan pada pukul 14.00 – 16.15 WIB.

Tambah Azhar, diharapkan kepada seluruh peserta untuk memperhatikan hal-hal berkaitan dengan pelaksanaan UTBC besok. Antara lain menyiapkan, peralatan untuk ujian tulis, pensil 2B, pena, penghapus, penggaris lingkar, Kartu Tanda Peserta, tanda pengenal, dan ijazah atau bukti kelulusan. Selain itu juga, peserta diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan.

“Melaksanakan tes di tengah pandemi menjadi perhatian penting bagi kita semua. Oleh karenanya peserta dan seluruh pihak agar menaati seluruh protokol kesehatan dan memastikan kebersihan tetap terjaga. Selain itu, peserta disarankan agar dapat melihat lokasi ujian sebelum jadwal ujian esok hari untuk mempermudah kehadiran pada saat pelaksanaan ujian,” tutupnya. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *