Mahasiswa Fakultas Teknik UIR Terima Rp3 Juta Per Semester dari Beasiswa YBM BRI

Sebanyak 30 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR) bakal menerima beasiswa dari Yayasan Baitul Mal (YBM) BRI Kanwil Pekanbaru. Tiap semester, mahasiswa bakal menerima Rp3 juta. Beasiswa itu berlaku selama 4 semester.

Total ada Rp360 juta dana yang bakal disalurkan kepada mahasiswa berprestasi baik di bidang akademik tersebut. Pihak kampus pun menyambut baik penyaluran beasiswa di tengah merosotnya ekonomi masyarakat di masa pandemi ini.

Dekan Dr Eng Muslim mengapresiasi kedatangan YBM ke Fakultas Teknik. Ia juga menyampaikan terima kasih telah membantu beasiswa kepada para mahasiswanya. Harapan Muslim, beasiswa tersebut disalurkan tepat sasaran.

”Di masa corona virus kita semua dihadapkan pada ekonomi yang terus merosot. Termasuk orangtua mahasiswa. Banyak yang tidak mampu membayar uang kuliah,” kata Muslim. Karenanya beasiswa dari YBM sangat besar artinya bagi mahasiswa Fakultas Teknik.

Dijelaskan Muslim, di tengah Pandemi Covid-19, Rektorat juga telah mengambil kebijakan memberikan keringanan kepada mahasiswa dalam pembayaran uang SPP. Ini, ujar Muslim, mengindikasikan bahwa UIR sangat peduli dengan kondisi orangtua mahasiswa.

Di luar itu UIR juga rutin memberi bantuan beasiswa baik melalui dana yang dikumpul oleh UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) maupun yang bersumber dari dana-dana lainnya.

”Mudah-mudahan beasiswa YBM BRI Kanwil Pekanbaru dapat meringankan beban orangtua dan bisa diberikan secara berkesinambungan oleh YBM. UIR berdoa semoga BRI terus berkembang dan beasiswa yang diberikan barokah untuk pengembangan usaha BRI,” katanya.

Sementara itu, Manejer YBM BRI Kanwil Pekanbaru H Sutrisno Badroen Lc MA mengaku senang dapat menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa Fakultas Teknik UIR.

Ia menjelaskan, YBM merupakan lembaga zakat nasional yang sudah mendapat pengesahan dari Kementerian Agama RI. Lembaga yang berdiri pada 10 Agustus 2001 ini memperoleh sumber dana zakat dari para pegawai BRI, dan setiap tahun dana zakat tersebut disalurkan ke berbagai perguruan tinggi. Terutama universitas negeri.

”Kami masih membuka pintu kepada 30 orang lagi mahasiswa Fakultas Teknik diberi beasiswa selama dua tahun. Masing-masing dibantu Rp500.000. Syaratnya selain berasal dari keluarga dhu’afa mahasiswa bersangkutan memiliki IPK di atas 3,” katanya.

Dia mempersilakan pihak Fakultas Teknik mengajukan ke YBM untuk diproses dan diajukan ke YBM Pusat.

Sebelum menyerahkan bantuan beasiswa, Dekan Fakultas Teknik Muslim dan Manajer YBM BRI Kanwil Pekanbaru Sutrisno Badroen, menandatangani Memory of Understanding di bidang tri dharma perguruan tinggi.

Penanda-tanganan itu disaksikan Wakil Dekan I Dr Mursyidah, Wakil Dekan II Dr Anas Puri, Wakil Dekan III Ir Akmar Efendi dan Ketua-ketua Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik. Serta sejumlah pengurus YBM BRI. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *