Umri Pakai Teknologi untuk Temukan Sumber Air di Kedalaman 118 Meter

Bupati Siak, Drs. H. Alfredi, M.Si, Camat Minas H. Hendra Adinugraha, S.STP, M.Si, Rektor Umri Dr. H. Mubarak, M.Si, GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin, Kepala Kampung Minas Timur, serta perwakilan dari masyakarat berfoto bersama usai peresmian sumur air bersih.

Salah satu Tridharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengadakan pengabdian kepada masyarakat di Kampung Minas Timur, Kabupaten Siak.

Program ini bekerjasama dengan SKK Migas-PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) dalam pengadaan sumur dan tangki penampung air bersih bagi masyarakat di daerah tersebut. Hal ini sejalan dengan program perusahaan dalam penerapan corporate social responsibility (CSR) bagi masyarakat di daerah operasionalnya.

Peresmian fasilitas dan pengadaan air bersih tersebut dilakukan Selasa (23/6) dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Hadir dalam kegiatan itu Bupati Siak, Drs. H. Alfedri, M.Si, Camat Minas H. Hendra Adinugraha, S.STP, M.Si, Rektor Umri Dr. H. Mubarak, M.Si, GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin, Kepala Kampung Minas Timur, serta perwakilan dari masyakarat.

Program ini diharapkan dapat membantu kebutuhan air bersih bagi masyarakat khususnya pada kondisi yang mengharuskan masyarakat untuk menerapkan hidup bersih dan sehat. Dalam kesempatan ini, Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si mengapresiasi pihak-pihak yang telah menyukseskan program ini.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan perlunya pendidikan, perusahaan dan pemerintah dapat bersinergi untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin berterimakasih kepada Umri atas teknologi yang ditawarkan untuk menemukan sumber air di kedalaman 118 meter.

“Keberadaan fasilitas ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terhadap akses air bersih. Sehingga turut mendukung kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Ketersediaan air bersih, lanjut Sukamto, juga sangat dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, dimana kebiasaan mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri merupakan prioritas penting.

Senada dengan itu, Rektor Umri, Dr. H. Mubarak, M.Si menyambut baik kerja sama yang telah dilakukan bersama PT CPI. Ia mengemukakan rasa bangga atas teknologi dan presisi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini.

Acara ditutup dengan penandatanganan serah terima oleh PT CPI kepada Kepala Kampung Minas Timur, Bapak Annas, dan disaksikan oleh Bupati Siak, Rektor Umri dan Camat Minas. Dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya sumur air bersih Kampung Minas Timur. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *