Keringanan UKT, Mahasiswa Boleh Mencicil atau Bayar 50 Persen Saja, Ini Syaratnya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. (Sumber: Wikipedia)

Aspirasi mahasiswa agar perguruan tinggi membuat penyesuaian Uang Kuliah Tunggal (UKT) karena dampak pandemi Covid-19 akhirnya didengar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Keringanan UKT diberlakukan bagi mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN).

Kebijakan itu ditegaskan lewat Permendikbud nomor 25 tahun 2020. Dimana, keringanan UKT ditujukan kepada mahasiswa yang menghadapi kendala finansial akibat pandemi.

Dalam aturan itu, mahasiswa yang sedang cuti kuliah dan yang masuk masa akhir kuliah tidak wajib membayar UKT. Lalu, mahasiswa yang mengambil sebanyak atau kurang dari 6 SKS, bisa membayar paling tinggi 50 persen UKT. Aturan ini berlaku bagi mahasiswa S1 atau D4 yang berada di semester 9.

Dilansir dari Kompas.com, Mendikbud, Nadiem Makarim juga menjelaskan lima skema keringanan UKT itu. Skema pertama, mahasiswa dapat mengajukan cicilan UKT bebas bunga sebesar 0 persen dengan jangka waktu pembayaran ysng disesuaikan dengan kemampuannya.

Lalu, mahasiswa juga dapat melakukan penundaan dengan tanggal pembayaran yang disesuaikan kemampuan finansialnya. Skema ketiga, mahasiswa dapat mengajukan penurunan biaya UKT sesuai kemampuan ekonominya.

Skema keempat, mahasiswa berhak mengajukan diri untuk menerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan skema beasiswa yang tersedia di perguruan tinggi. Terakhir, mahasiswa dapat mengajukan bantuan dana untuk jaringan internet atau pulsa.

Untuk dana bantuan UKT yang diutamakan bagi mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS), Kemdikbud telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1 triliun.

UKT mahasiswa ini bisa didapat dengan sejumlah syarat. Yaitu, orangtua mahasiswa bersangkutan mengalami kendala finansial. Sehingga mereka tak mampu membayar UKT. Kemudian calon penerima tidak sedang dibiayai oleh program KIP Kulian atau beasiswa lain.

Bantuan UKT ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menjalani semester 3, 5 dan 7. Baik di PTS maupun PTN. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *