Di Tengah Pandemi Covid-19, SBMPTN Tetap Digelar dan Ini Jadwalnya

Proses pendaftaran penerimaan mahasiswa baru dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2020 akan dibuka pada tanggal 2-20 Juni 2020.

Karena pelaksanaannya di tengah situasi pandemi Covid-19, maka panitia bakal menggelar prosesnya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai lembaga penyelenggara SBMPTN-UTBK, menjelaskan, selain pendaftaran, pelaksanaan UTBK dilakukan pada tanggal 5-12 Juli 2020. Kemudian, pengumuman hasil ujian akan disampaikan pada tanggal 25 Juli 2020.

Rektor Universitas Riau (Unri), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Unri Prof Dr M Nur Mustafa MPd, menyampaikan sesuai dengan informasi yang diperoleh dari LTMPT, dalam pelaksanaan UTBK nanti dilakukan beberapa penyesuaian. Di antaranya materi tes pada Tes Potensi Skolastik (TPS) disesuaikan dengan faktor pembobotan sub tes berdasarkan program studi yang diambil.

“Penyesuaian lainnya adalah berkaitan dengan jadwal pendaftaran UTBK-SBMPTN dilakukan secara bersamaan, selain memilih lokasi tes pusat UTBK, peserta juga langsung memilih PTN dan Program Studi,” kata dia.

Selain itu, peserta hanya diizinkan maksimal mengambil satu kali tes. Dimana, pelaksanaan tesnya dibagi empat sesi setiap hari, kecuali hari Jumat yang hanya dua sesi saja.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Unri Azhar Kasymi SH saat dijumpai redaksi unrinews, Selasa (26/6/2020), menjelaskan ada beberapa alur yang harus dilakukan calon peserta untuk mendaftar UTBK.

Di antaranya peserta mendaftar UTBK melalui laman portal.ltmpt.ac.id. Di sini, peserta memilih pusat UTBK di kota masing-masing, dan peserta melakukan pembayaran melalui bank mitra sebesar Rp150 ribu kecuali peserta yang sudah memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah dan ada flag bebas bayar biaya UTBK, maka akan langsung mendapatkan nomor peserta.

“Setelah mendaftar UTBK, peserta dapat mendaftar SBMPTN dan memilih program studi, peserta mengupload portopolio (apabila disyaratkan oleh prodi), peserta melakukan konfirmasi dan simpan permanen, setelah simpan permanen peserta dapat mengunduh kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN,” jelas Azhar.

Untuk lokasi UTBK ini, lanjut Azhar, akan dilaksanakan di 74  Pusat UTBK PTN yang lokasi dan tanggal tes dapat diakses lebih lanjut melalui website resmi LTMPT 2020, untuk lokasi ini peserta dianjurkan mengikuti tes di pusat UTBK kota masing-masing.

Azhar kembali mengingatkan kepada para calon peserta, agar dapat terus mengikuti perkembangan informasi secara lengkap dengan memantau laman resmi dan saluran-saluran informasi resmi dari LTMPT, melalui https://ltmpt.ac.id, helpdesk http://halo.ltmpt.ac.id, email sekretariat@ltmpt.ac.id, media sosial (instagram, twitter, facebook) @ltmptofficial. (rls)

 

 

Sumber foto: Humas Unri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *