Cegah Hoax Soal Covid-19, 3 Mahasiwa FK UNRI Ini Mengedukasi secara Online

Masih banyaknya informasi yang simpang siur terkait Covid-19 di masyarakat mendorong mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK UNRI) membentuk Relawan Corona Hitman. Relawan ini gencar mengedukasi masyarakat tentang apa itu Covid-19 yang jadi pandemi.

Menurut seorang Relawan Corona Hitman, Adinda Salsabila, Kamis (7/5/2020), edukasi itu mereka sampaikan secara online. Dalam relawan ini ada tiga orang yang berpartisipasi. Yaitu M Irvan Almaqdisi, Adinda Salsabila dan Aldina Misrafidayana Pulungan.

Dalam pemaparannya, mereka menyampaikan apa bahaya dan cara pencegahan Covid-19. Lewat pemaparan itu mereka berharap masyarakat tidak mudah termakan hoax yang beredar.

“Kami gencar mengedukasi jangan sampai masyarakat termakan isu dan mudah terjebak pada informasi palsu terkait wabah Covid-19. Kami berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Irvan.

Sementara itu, Aldina menjelaskan bahwa mereka membuat poster, video edukasi, edukasi di blog serta membentuk virtual community di grup WhatsApp agar edukasi dapat berjalan baik. Di samping itu, ada penjagaan posko di FK UNRI dan Lab Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Di posko itu, relawan menerima dan mendata bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis. Kemudian, membantu membuat face shield homemade untuk didistribusikan ke rumah aakit dan fasilitas kesehatan yang membutuhkannya.

Menurut Aldina, dalam menjalankan tugas relawan itu, mereka dibimbing oleh dr. Ariza Julia Paulina selaku instruktur dari FK UNRI dan DPL dari LPPM Geovani Meiwanda, S.Sos, MPA.

 

Dalam melakukan virtual community banyak manfaat yang dirasakan oleh anggota grup salah satunya Aisyah Sabrina. Aisyah mengatakan kegiatan ini sangat membantu mengetahui informasi yang valid sehingga dirinya dapat menyampaikan ke orang orang terdekat. Selain itu, dirinya dapat langsung menanyakan pertanyaan yang masih diragukan didalam WhatsApp grup ini.

Untuk diketahui bahwa relawan Covid-19 ini juga dijadikan sebagai pengganti Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini bagi mahasiswa FK UNRI bekerjasama dengan LPPM UNRI. Mahasiswa FK UNRI yang ikut terdiri atas relawan dari berbagai angkatan yang telah memenuhi syarat dari LPPM untuk mengikuti program KKN. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *