Masih Pandemi Covid-19, FAI UIR Buka Puasa Bersama secara Online

Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau (FAI UIR) membuat terobosan baru dengan menggelar buka puasa bersama di tengah pandemi Covid-19. Namun, buka puasa bersama yang dilakukan itu bukan berarti tak mengindahkan protokol kesehatan Covid-19. Karena pelaksanaannya dilakukan secara online.

Berbeda dengan ramadan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Dekan FAI dan beberapa dosen melaksanakan acara berbuka puasa melalui online. Kegiatan itu juga diikuti Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL.

Acara yang dimulai pada pukul 17.00 WIB, Minggu (3/5/2020) lalu itu tetap menggunakan tata cara seremonial dengan dibuka oleh protokol Dr Saproni. Dilanjutkan pembacaan ayat-ayat suci al Qur’an bersama Harif Supriady.

Setelah itu sambutan dari Dekan FAI Dr Zulkifly Rusbi serta Rektor Syafrinaldi. Lalu tausiah Ramadhan yang disampaikan Dr Miftah Syarif. Di akhir acara jelang beduk berbuka tampil pula Ary Antoni untuk membacakan doa. Setelah itu Rektor, Dekan dan dosen-dosen berbuka puasa masing-masing di rumah.

Menurut Dekan FAI, Zulkifly Rusbi, kegiatan berbuka puasa ini merupakan progran rutin. Hanya saja karena sekarang kita sedang menghadapi wabah virus corona maka acara dilaksanakan secara daring/online.

”Alhamdulillah semua yang kita rencanakan berjalan lancar. Kami berterima kasih kepada Pak Rektor yang berkenan hadir sekaligus memberi sambutan,” kata Zulkifly Rusbi.

Zulkifly berpesan kepada civitas akademika FAI supaya mengambil hikmah atas bencana corona yang melanda negeri ini. Walau acara berbuka ini dilakukan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya bukan berarti program berbuka tidak berjalan.

Masih ada tekhnologi yang mempersatukan kita. Begitu pun dengan semangat kita memajukan Fakultas Agama Islam. Mari kita manfaatkan media sosial untuk berbuat lebih maksimal meraih kemajuan.

”Ujian dan cobaan dari Allah akan datang silih berganti sesuai dengan massanya. Termasuk wabah corona. Tapi yakinlah Allah pula yang akan mengakhirinya. Karena itu di bulan suci ini mari terus kita berdoa, meminta kepada Illahi Robbi agar pandemi ini segera berakhir sehingga kita dapat kembali beraktivitas seperti biasa,” ujar Zulkifly Rusbi.

Hal senada juga disampaikan Rektor Syafrinaldi. Rektor berpesan supaya seluruh civitas akademi UIR tetap bekerja keras, saling bahu membahu memajukan universitas. Apalagi tantangan yang kita hadapi di era Covid-19 jauh lebih berat dari masa-masa sebelumnya. Ia menyambut baik kegiatan berbuka puasa bersama yang dipelopori Fakultas Agama Islam.

”Mudah-mudahan fakultas lain juga melaksanakan acara berbuka sama seperti yang dilakukan FAI. Selamat berbuka puasa,” kata Rektor di akhir sambutannya.

Turut hadir dalam acara berbuka secara daring itu antara lain Dr Hamzah, Syahraini Tambak, Bahril Hidayat, Muhammad Arif, Rojja Pebrian, Raihana, Najmi Hayati, Alfitru, Dian Tri Utami, Daharmi Astuti, Alfitri dan Alucyana Irawan. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *