Sasar SPBU, Unri dan Pertamina Kerahkan 12 Relawan untuk Semprot Disinfektan

Penyemportan disinfektan oleh seorang relawan dalam aksi yang dilakukan Unri bersama Program Pertamina Peduli. (Sumber: Humas Unri)

Gandeng Program Pertamina Peduli, Universitas Riau (Unri) melakukan penyemprotan disinfektan serta pembersihan permukaan benda-benda yang tersentuh yang ada dipemukiman dan fasilitas umum di sejumlah kawasan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Pekanbaru. Dalam aksi ini, Tim Satuan Tugas (Satgas) Siaga Bencana Covid-19 Unri mengerahkan sebanyak 12 relawan.

“Sebanyak enam lokasi sekitar SPBU di Kota Pekanbaru telah dilakukan penyemprotan disinfektan di antaranya, SPBU SM Amin, SPBU Srikandi, SPBU Soebrantas, SPBU Ababil, SPBU Tuanku Tambusai, dan SPBU Durian. Kegiatan ini telah dimulai sejak Jumat, (17/4/2020) bertepatan dengan hari pertama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru.

“Selain penyemprotan, juga digelar kampanye social distancing,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unri, Prof Dr Iwantono Mphill didampingi oleh Ns Syafri, Skep Mkep selaku penanggung jawab kegiatan penyerahan bantuan, Dr Dahliyusmanto selaku Koordinator Teknis Penyemprotan disinfektan, Dr Darmadi Ahmad selaku Koordinator Teknis Social Distancing Campaign, serta Dr Arifudin SP MP selaku Tim Satgas Covid-19.

“Total akan ada 15 SPBU yang akan kita lakukan aplikasi disinfektan permukaan, InsyaAllah selesai pada tanggal 22 April 2020 mendatang. Selain SPBU, relawan juga melakukan penyemprotan disinfektan pada permukaan benda yang sering tersentuh di pemukiman dan fasilitas umum, tambahnya.

Kegiatan ini juga sejalan dengan penyuluhan tentang yang hal-hal harus dilakukan oleh masyarakat. Terutama dalam masa pemberlakuan PSBB. Misalnya tetap tinggal di rumah, beribadah di rumah, dan memakai masker jika terpaksa harus keluar rumah.

Rangkaian sejumlah kegiatan tersebut, adalah bentuk respon Unri dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini melalui sejumlah aksi, dengan melibatkan sejumlah unsur yang ada di Unri. Seperti mahasiswa yang tergabung dalam Tim Relawan Satgas Siaga Bencana yang kegiatannya disetarakan dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *